Integrasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Bahasa Jerman di SMA Negeri 1 Sedayu

Novitasari, Rahma Kurnia (2018) Integrasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Bahasa Jerman di SMA Negeri 1 Sedayu. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-rahma-kurnia-novitasari-15706251049.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendesripsikan (1) cara pengintegrasian pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa Jerman di SMA Negeri 1 Sedayu Bantul, (2) nilai-nilai pendidikan karakter yang diintegrasikan dalam pembelajaran bahasa Jerman, dan (3) kemudahan dan hambatan guru dalam mengintegrasikan pendidikan karakter pada pembelajaran bahasa Jerman. Desain penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Instrumen pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, angket, dan observasi, yang dilakukan terhadap kepala sekolah, guru, dan peserta didik. Subjek penelitian yaitu guru bahasa Jerman SMA Negeri 1 Sedayu Bantul. Objek penelitian ini adalah integrasi nilai-nilai pendidikan karakter. Data dianalisis secara analitik melalui proses, (1) pengumpulan data, (2) reduksi data, (3) display data, (4) verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) guru di SMA Negeri 1 Sedayu Bantul mengintegrasikan pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa Jerman melalui nasihat, bercerita, teguran, peringatan, diskusi, contoh teladan, motivasi, dan apresiasi ; (2) nilai-nilai pendidikan karakter yang diintegrasikan dalam pembelajaran bahasa Jerman di SMA Negeri 1 Sedayu Bantul meliputi: religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa keingintahuan, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab ; (3) partisipasi aktif peserta didik dapat memudahkan guru dalam mengintegrasikan nilai-nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa Jerman, tetapi perbedaan karakter dan latar belakang tiap-tiap peserta didik mejadi hambatan dalam mengintegrasikan nilai-nilai pendidikan karakter.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pendidikan karakter, nilai-nilai pendidikan karakter, bahasa Jerman.
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 30 Aug 2018 03:43
Last Modified: 03 Nov 2022 03:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59374

Actions (login required)

View Item View Item