LAPORAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA lokasi SMK NEGERI 3 WONOSARI Jl. Pramuka No.8 Tawarsari, Wonosari, Gunungkidul, Yogyakarta 18 September – 17 November 2017

Triyanto, Triyanto (2017) LAPORAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA lokasi SMK NEGERI 3 WONOSARI Jl. Pramuka No.8 Tawarsari, Wonosari, Gunungkidul, Yogyakarta 18 September – 17 November 2017. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
14518241051_Triyanto.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan Praktik Lapangan Terbimbing yang selanjutnya disingkat PLT merupakan salah satu mata kuliah Praktik lapangan yang wajib ditempuh oleh mahasiswa dengan bobot 3 SKS. Pada tahun 2017, mahasiswa diwajibkan menempuh minimal 256 jam. Sebelum pelaksanaan Praktik Lapangan Terbimbing , mahasiswa diwajibkan menempuh dan lulus dalam mata kuliah prasyarat yaitu microteaching. Praktik Lapangan Terbimbing ini tentunya melibatkan instansi lain yang menjalin kerjasama dengan Universitas Negeri Yogyakarta. Dalam hal ini praktikan berkesempatan melaksanakan Praktik Lapangan Terbimbing di SMK Negeri 3 Wonosari. Pelaksanaan PLT selama kurang lebih 2 bulan dimulai dari tanggal 18 September sampai dengan 18 November rencana kegiatan PLT adalah 3,5 jam observasi dan konsultasi, 38 jam persiapan mengajar, 61 jam kegiatan praktik mengajar dikelas dan evaluasi, serta 122 jam untuk pengerjaan laporan dan kegiatan lainnya dengan total perencanaan 260 jam. Persiapan mengajar meliputi penyusunan administrasi mengajar yang terdiri dari silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan bahan ajar. Sedangkan praktik mengajar dilaksanakan secara mandiri atau terbimbing dikelas XI dan XII MT. Kegiatan pembelajaran untuk kelas XI MT direncanakan sebanyak 8 kali dan XII MT 8 kali. Hasil kegiatan PLT yakni 6 jam untuk observasi dan konsultasi, 56 jam persiapan mengajar terdiri dari pembuatan RPP, materi ajar, dan jobsheet, 93 jam kegiatan praktik mengajar kelas XII dan XI Mekatronika serta evaluasi, 122 jam kegiatan lainnya yaitu pembuatan laporan, piket pengajaran, piket perpustakaan, piket gerbang, upacara bendera, pembuatan poster K3, dan penarikan mahasiswa. Total dari seluruh kegiatan sebanyak 292 jam yang berarti total jam perencanaan terpenuhi. Hasil persiapan mengajar adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, materi pembelajaran dan jobsheet praktikum. Total kegiatan mengajar dikelas sebanyak 67 jam pada 2 kelas yang diampu.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Laporan PLT, Mahasiswa , Siswa Mekatronika
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 30 Aug 2018 04:26
Last Modified: 01 Oct 2019 11:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59363

Actions (login required)

View Item View Item