PENGARUH PERSEPSI SISWA MENGENAI POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS III SD NEGERI SEKECAMATAN BANTUL TAHUN AJARAN 2017/2018

Khoirunisa, Rimadiani (2018) PENGARUH PERSEPSI SISWA MENGENAI POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS III SD NEGERI SEKECAMATAN BANTUL TAHUN AJARAN 2017/2018. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
RIMADIANI KHOIRUNISA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa mengenai pola asuh orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas III SD Negeri se-Kecamatan Bantul Tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto. Populasi penelitian adalah siswa kelas III SD Negeri se-Kecamatan Bantul tahun ajaran 2017/2018 sejumlah 721 siswa dengan sampel sebanyak 257 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling. Variabel dalam penelitian ini adalah pola asuh orang tua dan motivasi belajar siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan skala psikologi. Uji validitas yang digunakan adalah uji validitas konstruk. Uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha. Uji prasyarat analisis data menggunakan uji normalitas dan linieritas. Pengujian hipotesis menggunakan uji regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: persepsi siswa mengenai pola asuh orang tua berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa kelas III SD Negeri se-Kecamatan Bantul tahun ajaran 2017/2018, terbukti dari persamaan regresi Y= 31,331 + 0,243X dan nilai thitung = 5,009. Persepsi siswa mengenai pola asuh orang tua dapat memprediksi sebesar 9% terhadap motivasi belajar siswa, sedangkan 91% dipengaruhi oleh faktor lain, terbukti dari nilai R square sebesar 0,090. Kata kunci: persepsi siswa, pola asuh orang tua, motivasi belajar siswa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 30 Aug 2018 02:52
Last Modified: 30 Jan 2019 16:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59357

Actions (login required)

View Item View Item