LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA SEMESTER GASAL TAHUN AKADEMIK 2017/2018 Jl. Pramuka No.8 Tawarsari, Wonosari, Gunung Kidul, Yogyakarta

Sadewa Wiku Satmaka, Sadewa Wiku Satmaka (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA SEMESTER GASAL TAHUN AKADEMIK 2017/2018 Jl. Pramuka No.8 Tawarsari, Wonosari, Gunung Kidul, Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
14502241013_Sadewa Wiku Satmaka.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) Universitas Negeri Yogyakarta semester gasal 2017 yang berlokasi di SMK Negeri 3 Wonosari telah dilaksanakan oleh mahasiswa pada tanggal 15 September sampai 15 November 2017. Kelompok PLT di lokasi ini terdiri dari 10 mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Teknik Elektronika dan Pendidikan Teknik Mekatronika. Sebelum pelaksanaan PLT di sekolah, terlebih dahulu dilaksanakan kegiatan observasi. Observasi ini dilakukan sebagai tolak ukur dalam perumusan program PLT yang akan dilaksanakan, mengetahui kondisi dan situasi kelas pada saat proses pembelajaran berlangsung, mengetahui karakter siswa dan mengetahui proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Begitu pula dengan kegiatan konsultasi atau bimbingan dengan guru pembimbing dilakukan dalam rangka perssiapan pelakasanaan PLT. Selama kegiatan PLT, mahasiswa Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) mendapatkan jatah mengajar 2 kelas, yaitu kelas X AV 2 dan X AV 3, mendapatkan 1 mata pelajaran yaitu Dasar Listrik dan Elektronika, dan selama PLT Mahasiswa PLT mendapat 8 kali tatap muka , dengan total jam 60 jam. Kegiatan yang dilakukan selama PLT meliputi, administrasi buku kerja guru, pembuatan RPP, mengajar terbimbing , mengajar mandiri, pembuatan media pembelajaran. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PLT ini adalah pengalaman nyata baik dalam bentuk pengalaman mengajar maupun non mengajar. Dari pengalaman mengajar, mahasiswa memperoleh pengalam situasi dan kondisi nyata dalam kelas dengan berbagai permasalahan yang terjadi. Sementara dari pengalaman non mengajar mahasiswa dihadapkan untuk mengenali dan mengatasi berbagai permasalahan yang timbul di lingkungan sekolah. Semua pengalaman ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa sebagai calon tenaga pendidik dan dapat dijadikan bekal dalam pengabdian diri di masyarakat khususnya di dunia pendidikan di masa yang akan datang.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, Pendidikan Teknik Elektronika, SMK N 3 Wonosari
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 30 Aug 2018 04:25
Last Modified: 01 Oct 2019 11:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59350

Actions (login required)

View Item View Item