PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS STUDENT CENTERED LEARNING MATERI PERANAN YEAST GULA DAN GLUTEN PADA PENGEMBANGAN ROTI SERTA SIFAT FISIK DAN EMULSI TELUR PADA MATA PELAJARAN PATISERI DAN PENGETAHUAN BAHAN MAKANAN DI SMK N 4 SURAKARTA

Shaleh, Alfian Ardian (2018) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS STUDENT CENTERED LEARNING MATERI PERANAN YEAST GULA DAN GLUTEN PADA PENGEMBANGAN ROTI SERTA SIFAT FISIK DAN EMULSI TELUR PADA MATA PELAJARAN PATISERI DAN PENGETAHUAN BAHAN MAKANAN DI SMK N 4 SURAKARTA. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
NASKAH SKRIPSI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah : 1) Mengembangkan video pembelajaran berbasis Student Centered Learning materi Peranan Yeast, Gula, dan Gluten pada Pengembangan Roti mata pelajaran Patiseri, 2) Mengetahui kelayakan video pembelajaran berbasis Student Centered Learning materi Peranan Yeast, Gula, dan Gluten pada Pengembangan Roti mata pelajaran Patiseri, 3) Mengembangkan video pembelajaran berbasis Student Centered Learning materi Sifat Fisik dan Emulsi Telur mata pelajaran Pengetahuan Bahan, 4) Mengetahui kelayakan video pembelajaran berbasis Student Centered Learning materi Sifat Fisik dan Emulsi Telur mata pelajaran Pengetahuan Bahan Makanan di SMK Negeri 4 Surakarta. Jenis penelitian ini adalah Research and Development dengan tempat penelitian di SMK Negeri 4 Surakarta dan waktu penelitian dilaksanakan pada bulan April 2018. Data yang diperoleh dari penilaian kelayakan oleh ahli materi, ahli media, dan calon user (siswa) dengan teknik pengumpulan data menggunakan lembar angket uji Kelayakan. Analisa data dilakukan secara deskriptif. Hasil Penelitian menemukan: 1) Video pembelajaran Peranan Yeast, Gula, dan Gluten Pengembangan Roti berdurasi 11 menit 33 detik. Bagian-bagian video: a) Pembukaan, b) Persiapan alat dan bahan, c) Proses pengujian, d) Hasil pengujian, e) Penutup, Video disebarluaskan dengan mengunggah ke situs youtube dengan URL youtube.com/c/BogaUNY, 2) Hasil uji kelayakan video pembelajaran materi Peranan Yeast, Gula, dan Gluten pada Pengembangan Roti oleh ahli materi dan ahli media mendapatkan kategori sangat layak sebesar 100%, dan oleh calon user mendapatkan kategori sangat layak sebesar 70% dan layak sebesar 30%, 3) Video pembelajaran Sifat Fisik dan Emulsi Telur berdurasi 12 menit 23 detik. Bagian-bagian video: a) Pembukaan, b) Persiapan alat dan bahan, c) Proses pengujian, d) Hasil pengujian, e) Penutup, Video disebarluaskan dengan mengunggah ke situs youtube dengan URL youtube.com/c/BogaUNY, 4) Hasil uji kelayakan video pembelajaran materi Sifat Fisik dan Emulsi Telur oleh ahli materi dan ahli media mendapatkan kategori sangat layak 100%, dan oleh calon user mendapatkan kategori sangat layak sebesar 66,67% dan layak sebesar 33,33%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Roti, Sifat Fisik dan Emulsi Telur, Video Pembelajaran, Student Centered Learning.
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 30 Aug 2018 05:25
Last Modified: 30 Jan 2019 16:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59349

Actions (login required)

View Item View Item