KAJIAN SENI LUKIS KARYA ABDUL CHAMIM BERJUDUL “LUKISAN GUNDUL” PADA GALERI GENTONG MIRING, KECAMATAN SLUKE, KABUPATEN REMBANG

Nurkholis, Siti (2018) KAJIAN SENI LUKIS KARYA ABDUL CHAMIM BERJUDUL “LUKISAN GUNDUL” PADA GALERI GENTONG MIRING, KECAMATAN SLUKE, KABUPATEN REMBANG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
TAS SITI NURKHOLIS.PDF
Restricted to Repository staff only until 31 August 2019.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Kesenimanan Abdul Chamim, (2) Konsep, tema, dan proses penciptaan Lukisan Gundul, (3) Bentuk dan makna Lukisan Gundul karya Abdul Chamim pada galeri Gentong Miring. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian adalah Lukisan Gundul karya Abdul Chamim. Penelitian difokuskan pada permasalahan yang berkaitan dengan kesenimanan, konsep, tema, proses penciptaan, bentuk, dan makna Lukisan Gundul. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diperoleh melalui teknik triangulasi sumber dan teknik triangulasi metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Abdul Chamim adalah seorang pelukis, sastrawan, dan seniman pertunjukan yang mendirikan galeri Gentong Miring di Kabupaten Rembang. Abdul Chamim memiliki banyak prestasi dan riwayat pameran di dalam dan luar kota. Karya lukisannya banyak dikoleksi para kolektor. (2) Konsep penciptaan Lukisan Gundul karya Abdul Chamim adalah representasi diri terhadap fenomena sosial yang terjadi di sekitar lingkungan. Tema dalam lukisan adalah Sosial dan Religi. Sosial adalah hubungan kemanusiaan dan Religi adalah hubungan kebenaran manusia menuju Tuhannya. Proses penciptaan Lukisan Gundul karya Abdul Chamim meliputi beberapa tahapan, yaitu tahap inspirasi, studi pustaka, diskusi, tahap perenungan, tahap pematangan gagasan, dan tahap visualisasi atau tahap melukis. (3) Bentuk Lukisan Gundul karya Abdul Chamim adalah figur orang gundul memakai kaos putih polos dengan tubuh dipenuhi aksen-aksen rajah tulisan Arab gundul. Lukisan Gundul karya Abdul Chamim memiliki makna tentang ajakan untuk menjadi manusia yang berkemanusiaan, yaitu manusia yang menebarkan kebenaran jalan menuju Tuhan. Sehingga sebagian besar karya-karyanya merupakan bentuk kritis terhadap fenomena sosial, religi, politik, dan ekonomi.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Hadjar Pamadhi, MA (Hons)
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Rupa
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Rupa FBS
Date Deposited: 30 Aug 2018 05:20
Last Modified: 30 Jan 2019 16:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59347

Actions (login required)

View Item View Item