PENURUNAN PERILAKU BULLYING VERBAL PADA ANAK JALANAN MELALUI KONSELING COGNITIVE BEHAVIOUR DENGAN MEDIA DONGENG

Lintang Arso Kusuma, Lintang (2018) PENURUNAN PERILAKU BULLYING VERBAL PADA ANAK JALANAN MELALUI KONSELING COGNITIVE BEHAVIOUR DENGAN MEDIA DONGENG. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
Tugas Akhir Skripsi_Lintang Arso Kusuma_13104241046.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menurunkan perilaku bullying verbal pada anak jalanan di desa Ledok Timoho, Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan dengan model Kemmis & Taggart dan dilakukan dalam dua siklus. Subjek berjumlah 3 orang dan merupakan anak jalanan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi dan pedoman wawancara. Penelitian ini menggunakan teknik analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Indikator keberhasilan yang ditetapkan dalam penelitian ini ialah saat terjadi penurunan sebanyak 80%. Hasil penelitian menunjukan bahwa perilaku bullying verbal dapat diturunkan melalui konseling cognitive behaviour berupa tindakan membangun hubungan, mengidentifikasi kesalahan berpikir, cognitive restructuring, mengajarkan keterampilan berpikir baru, self monitoring, percobaan perilaku, mengajarkan keterampilan perilaku baru dan memberi tugas rumah. Penurunan tersebut dapat dilihat dari bukti kuantitatif dari hasil perbedaan hasil persentase pada pra siklus, siklus I, dan siklus II. Persentase skor yang diperoleh masing-masing anak adalah sebagai berikut : a) subjek IP pada pra siklus 50, siklus I 17,5 dan siklus II 3,5 b) subjek RA pada pra siklus 48,5, siklus I 15,5 dan SIklus II 11 c) subjek AY pada pra siklus 64, siklus I 10,5 dan siklus II 7,5. Penurunan lain juga didukung dari hasil wawancara berupa orang tua subjek merasa jika saat diperintah melakukan sesuatu, anak melaksanakannya tanpa mengumpat atau membentak. Kata kunci : bullying verbal, konseling cognitive behaviour, anak jalanan, dongeng.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 29 Aug 2018 08:29
Last Modified: 30 Jan 2019 16:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59333

Actions (login required)

View Item View Item