PENGEMBANGAN TRAINER VISUAL SERVOING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATA KULIAH ROBOTIKA

Noviasari, Linda (2018) PENGEMBANGAN TRAINER VISUAL SERVOING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATA KULIAH ROBOTIKA. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Naskah TAS_Linda Noviasari_14502241027.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Visual servoing merupakan sebuah metode umpan balik pada kendali gerak robot menggunakan teknologi vision. Teknologi ini dapat di aplikasikan di berbagai bidang seperti robotika, teknik kendali, industri, pendidikan, petanian, kedokteran, dan lain sebagainya. Dengan banyaknya manfaat tersebut, trainer visual servoing perlu dikembangkan sebagai media pembelajaran khususnya mata kuliah robotika. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan rancangan, menguji unjuk kerja, dan mengetahui tingkat kelayakan trainer visual servoing yang sesuai media pebelajaran mata kuliah Robotika. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan tahapan: (1) mengidentifikasi masalah penelitian (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) uji coba pemakaian, dan (9) revisi produk. Objek penelitian adalah media pembelajaran visual servoing. Subjek penelitian adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika dan Informatika FT UNY. Teknik pengumpulan data meliputi pengujian, pengamatan dan kuesioner (angket). Adapun teknik analisis data dengan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) rancangan visual servoing yang berupa trainer hardware terdiri dari pengendali robot vision dan software aplikasi visual servoing yang dilengkapi dengan jobsheet; (2) Unjuk kerja media pembelajaran oleh para ahli telah berfungsi dengan stabil; (3) Tingkat kelayakan media dan materi memperoleh nilai 89,48% dan 87,50% dengan kategori sangat layak. Tingkat kelayakan pemakaian berdasarkan uji pemakaian kepada 20 responden diperoleh nilai 85,52% dengan kategori sangat layak. Hal ini berarti media pembelajaran visual servoing dapat dikategorikan sangat layak untuk digunakan pada mata kuliah Robotika di jurusan Pendidikan Teknik Elektronika dan Informatika.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Mata Kuliah Robotika, Visual Servoing
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 30 Aug 2018 05:16
Last Modified: 30 Jan 2019 16:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59328

Actions (login required)

View Item View Item