HUBUNGAN ANTARA PERCAYA DIRI DENGAN PENYESUAIAN SOSIAL SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 3 BANTUL

Ambarini Widjaya, Ambarini (2018) HUBUNGAN ANTARA PERCAYA DIRI DENGAN PENYESUAIAN SOSIAL SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 3 BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
skripsi_Ambarini Widjaya_13104241050.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara percaya diri dengan penyesuaian sosial siswa kelas X di SMA Negeri 3 Bantul. Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret sampai September 2017. Populasi penelitian adalah siswa kelas X di SMA Negeri 3 Bantul sebanyak 194 siswa. Ukuran sampel penelitian sebanyak 123 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif korelasi, instrumen pengambilan data menggunakan kuesioner berupa skala dengan uji validitas konstruk, reliabilitas menggunakan rumus Alpha cronbach dengan hasil 0,702 pada variabel percaya diri dan 0,928 pada variabel penyesuaian sosial. Uji persyaratan analisis menggunakan uji normalitas, dan uji linearitas. sedangkan uji hipotesis menggunakan teknik analisis korelasi product moment dari Karl Pearson dengan menggunakan bantuan SPSS versi 22.00 for windows. Hasil penelitian menunjukkan variabel percaya diri berada pada kategori “sedang” sebesar 29,3% dan pada variabel penyesuaian sosial berada pada kategori “sedang” sebesar 26,8%. Hasil pengujian hipotesis menunjukan “terdapat hubungan positif dan signifikan antara percaya diri dengan penyesuaian sosial siswa kelas X di SMA Negeri 3 Bantul” yang dilihat dari nilai h > nilai yaitu 0,717 > 0,176 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Hal tersebut menunjukkan bahwa semakin tinggi percaya diri maka semakin tinggi penyesuaian sosial. Kata kunci : percaya diri, penyesuaian sosial.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 29 Aug 2018 08:02
Last Modified: 30 Jan 2019 16:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59322

Actions (login required)

View Item View Item