PERBEDAAAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU SD YANG TELAH BERSERTIFIKASI DENGAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU SD YANG BELUM BERSERTIFIKASI SEKECAMATAN BOROBUDUR KABUPATEN MAGELANG

Purnomo, Dwi (2012) PERBEDAAAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU SD YANG TELAH BERSERTIFIKASI DENGAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU SD YANG BELUM BERSERTIFIKASI SEKECAMATAN BOROBUDUR KABUPATEN MAGELANG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dwi Purnomo.pdf

Download (85kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Kompetensi Profesional Guru SD yang telah bersertifikasi sekecamatan Borobudur Kabupaten Magelang lebih tinggi dari pada Kompetensi Profesional Guru SD yang belum bersertifikasi. Jenis Penelitian ini adalah penelitian survei bersifat expost facto dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan pada 46 sekolah dasar dan madrsah ibtidaiyah di Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang. Populasi penelitian ini adalah para guru sekolah dasar dan madrasah ibtidaiyah yang belum bersertifikasi dan yang telah bersertifikasi yang berjumlah 299 orang, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah beberapa guru sekolah dasar di Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang yang diambil dengan simplerandom sampling sejumlah 60 orang. Pengumpulan deta dilakukan dengan Daftar Inventori. Data yang telah terkumpul diolah menggunakan analisis kuantitatif dengan uji beda t test. Hasil penelitian menunjukan bahwa Kompetensi Profesional guru SD yang telah bersertifikasi lebih tinggi dibandingkan dengan kompetensi profesional guru SD yang belum bersertifikasi dengan perbedaan meansebesar 5,5691 dan skor t-test 2,492 > t-tabel (0,025) = 2000. Dengan demikian proses sertifikasi dapat dikatakan mampu meningkatkan kompetensi profesional guru sekolah dasar di Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang.Dimana guru yang telah bersertifikasi lebih memahami materi ajar yang ada dalam kurikulum sekolah dasar, lebih memahami konsep dan metode keilmuan di sekolah dasar, lebih memahami hubungan konsep antar mata pelajaran terkait, lebih memahami penerapan konsep keilmuan dalam kehidupan sehari-hari, dan lebih menguasai langkah-langkah penelitian dan kajian kritis untuk memperdalam pengetahuan atau materi bidang studi, dibandingkan dengan guru SD yang belum bersertifikasi. Kata kunci: sertifikasi, kompetensi profesional

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 18 Sep 2012 10:43
Last Modified: 29 Jan 2019 16:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5932

Actions (login required)

View Item View Item