PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMILIHAN KARIER SISWA MELALUI LAYANAN INFORMASI KARIER PADA SISWA KELAS XI AGAMA MADRASAH ALLIYAH NEGERI (MAN) II YOGYAKARTA

Adam Nur Atsnawi, Adam (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMILIHAN KARIER SISWA MELALUI LAYANAN INFORMASI KARIER PADA SISWA KELAS XI AGAMA MADRASAH ALLIYAH NEGERI (MAN) II YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI PDF.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemilihan karier siswa melalui layanan informasi karier pada siswa kelas XI agama Madrasah Alliyah Negeri (MAN) II Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian sebanyak 13 orang siswa kelas XI Agama MAN II Yogyakarta. Subjek penelelitian ditentukan dengan teknik purposive, dengan kriteria siswa yang masuk dalam kategori rendah dan sedang melalui hasil pre-test yang sudah diberikan. Metode pengumpulan data menggunakan instrumen berupa skala kemampuan pemilihan karier, observasi dan wawancara. Penelitian terdiri dari 2 (dua) siklus dan setiap siklus terdiri dari 2 (dua) tindakan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan skor kemampuan pemilihan karier siswa dari pre-test, post-test I sampai pada post-test II. Pada tahap pemberian pre-test diperoleh skor kemampuan pemilihan karier siswa sebesar 119,2 dengan kategori sedang, sedangkan pada post-test I skor rata-rata kemampuan pemilihan karier siswa meningkat 10,8 poin menjadi 130 dengan kategori sedang dan pada post-test II rata-rata skor kemampuan pemilihan karier siswa meningkat 15,4 poin menjadi 145,5 dengan kategori tinggi. Hal ini menunjukan bahwa terjadi peningkatan kemampuan pemilihan karier siswa secara signifikan setelah diberikan tindakan dengan layanan informasi karier. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa layanan informasi karier dapat meningkatkan kemampuan pemilihan karier siswa MAN II Yogyakarta. Kata kunci : pemilihan karier, layanan informasi karier ABSTRACT This study aims to improve the ability of student career selection through career information service on students of religion class year XI Madrasah Alliyah Negeri (MAN) II Yogyakarta. This study used classroom action research methods with the subject of research as many as 13 students of religion class year XI MAN II Yogyakarta. Subject of research was determined by purposive technique, with criterion of student who entered in low and medium category through result of pre-test given. Methods of data collection used the instrument in the form of career selection skills, observation and interview. The study consisted of 2 (two) cycles and each cycle consisted of 2 (two) actions. The results of this study indicate an increase in student career selection ability from pre-test, post-test I to post-test II. In the pre-test stage, the score of students career selection ability was 119.2 with medium category, whereas in post-test I the average score of students' career selection ability increased by 10.8 points to 130 in the medium category and on post-test II the average score of student career selection ability increased 15.4 points to 145.5 with high category. This indicates that there is an increase in the ability of student career selection significantly after being given an action with career information service. Thus it can be concluded that career information service can improve the ability of students career selection of MAN II Yogyakarta. Keywords: career selection, career information service.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 29 Aug 2018 07:28
Last Modified: 30 Jan 2019 16:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59318

Actions (login required)

View Item View Item