Upaya Guru SMK Program Keahlian Teknik Bangunan dalam Membekali Soft Skills Lulusan sesuai Tuntutan Kebutuhan Dunia Kerja

Syamsudin, Rudi Nur (2018) Upaya Guru SMK Program Keahlian Teknik Bangunan dalam Membekali Soft Skills Lulusan sesuai Tuntutan Kebutuhan Dunia Kerja. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-rudi-nur-syamsudin-16702251040.pdf
Restricted to Registered users only

Download (23MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) tingkat kategori integrasi elemen-elemen soft skills dalam pembelajaran, (2) tingkat kategori upaya guru dalam membekali soft skills lulusan, dan (3) hambatan guru dalam upaya membekali soft skills lulusan sesuai tuntutan kebutuhan dunia kerja. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah guru SMKN/SMKS Program Keahlian Teknik Bangunan se-DIY. Responden sebanyak 152 guru SMK Program Keahlian Teknik Bangunan ditentukan menggunakan teknik cluster sampling terdistribusi pada SMKN 2 Depok, SMKN 3 Yogyakarta, SMKN 1 Sedayu, SMKN 2 Wonosari dan SMKN 2 Pengasih. Data dikumpulkan melalui angket dan dokumen serta dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Integrasi pembekalan kemampuan berkomunikasi, pembekalan kemampuan kerjasama dalam tim, memotivasi siswa/i, membentuk etika dan moral, pembentukan sikap tanggung jawab, semuanya termasuk kategori “sepenuhnya sudah diintegrasikan”. Sedangkan integrasi pembekalan kemampuan dalam menyelesaikan masalah dan pembekalan penguasaan teknologi dan informasi termasuk kategori “sebagian besar diintegrasikan”. (2) Upaya guru membekali soft skills melalui peran guru mengelola pembelajaran pada sub-sub variabel membekali soft skills lulusan termasuk kategori “sangat baik”, sedangkan sub-sub variabel integrasi soft skills dalam kegiatan pembelajaran termasuk kategori “baik”. (3) Hambatan guru dalam upaya membekali soft skills lulusan, antara lain sikap siswa/i yang tidak peduli terhadap nilai-nilai soft skills, kurangnya kerjasama antara orang tua siswa dengan pihak sekolah dalam pembentukan soft skills siswa/i, tidak adanya pelatihan/diklat tentang soft skills dan belum terbentuknya culture sekolah yang kondusif. Keempat hambatan tersebut kesemuanya termasuk dalam kategori “menghambat”.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: integrasi, soft skills, guru, SMK
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 29 Aug 2018 07:12
Last Modified: 18 Aug 2022 07:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59317

Actions (login required)

View Item View Item