Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berorientasi NGSS untuk Menumbuhkan Developing-Using Model Skills dan Pemahaman Crosscuting Concept

Rachmawati, Eka (2018) Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berorientasi NGSS untuk Menumbuhkan Developing-Using Model Skills dan Pemahaman Crosscuting Concept. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-eka-rachmawati-16708251033.swf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) menghasilkan perangkat (RPP, LKPD, dan lembar penilaian) pembelajaran IPA berbasis Next Generation Science Standards yang layak menurut ahli dan guru IPA dan (2) menghasilkan perangkat pembelajaran IPA berbasis NGSS yang efektif dalam meningkatkan kemampuan developing-using model skills dan crosscutting concept peserta didik. Metode penelitian ini adalah research and development (R & D) dengan langkah pengembangan four-D yang dibagi menjadi 4 tahapan yaitu define, design, develop dan disseminate. Pengumpulan data dilakukan dengan (1) teknik tes berupa lembar soal kemampuan pemahaman crosscutting concept peserta didik dan (2) teknik non tes berupa lembar validasi perangkat, lembar respon peserta didik terhadap LKPD yang dikembangkan, lembar keterlaksanaan pembelajaran, dan lembar observasi keterampilan developing-using model skills. Data kelayakan produk yang dikembangkan dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif konversi skala empat dan data keefektifan produk yang dikembangkan dianalisis dengan gain score dan uji Manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kelayakan perangkat pembelajaran IPA berbasis NGSS yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat baik dan respon peserta didik terhadap LKPD yang dikembangkan juga berada pada kategori baik; dan (2) perangkat pembelajaran yang dikembangkan terbukti efektif meningkatkan keterampilan developing-using model skills dan crosscutting concept peserta didik dengan gain score crosscutting concept kelas eksperimen mendapatkan skor 0,81 yang berada pada kategori tinggi. Hasil ini juga didukung dengan uji statistik dengan uji Manova yaitu sig 0,004 dan 0,004<0,05. Hasil ini menunjukkan adanya perbedaan kemampuan keterampilan developing-using model dan pemahaman crosscutting concept dipengaruhi oleh keterampilan dan pemikiran peserta didik yang telah berubah setelah megikuti pembelajaran IPA materi sistem pernapasan pada manusia dengan perangkat pembelajaran berbasis NGSS.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: perangkat pembelajaran IPA, berbasis NGSS, keterampilan developing-using model skills, crosscutting concept
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 29 Aug 2018 06:55
Last Modified: 09 May 2019 08:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59316

Actions (login required)

View Item View Item