PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DENGAN METODE SAINTIFIK DI SMP NEGERI 3 PAKEM

Adi, Amasia Bingar Laksita (2018) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DENGAN METODE SAINTIFIK DI SMP NEGERI 3 PAKEM. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
FIX PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DENGAN METODE SAINTIFIK (1.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dengan metode saintifik di SMP Negeri 3 Pakem. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan mix methods. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII dan VIII di SMP Negeri 3 Pakem dengan jumlah total 250 orang serta guru mata pelajaran PJOK di SMP Negeri 3 Pakem. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas VII dan VIII SMP Negeri 3 Pakem dengan jumlah 30 siswa, selanjutnya pengumpulan data dikumpulkan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi serta angket respon siswa dengan jumlah butir pertanyaan sebanyak 40 butir. Validasi instrumen ini menggunakan uji validitas isi, dimana pengujian validitasnya menggunakan pendapat para ahli (experts judgement). Teknik analisis data kualitatif yaitu dengan pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan sedangkan untuk teknik analisis data kuantitatif menggunakan teknik analisis kuantitatif deskriptif dengan presentase untuk masing-masing indikator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, penilaian pembelajaran sudah berjalan dengan baik. Guru mengalami hambatan dalam perencanaan pembelajaran yaitu materi renang/aktivitas air tidak bisa tersampaikan. Hasil angket respon siswa juga menunjukkan bahwa mereka setuju/senang dengan pembelajaran yang diberikan oleh guru.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan, PJOK, Saintifik.
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 29 Aug 2018 04:03
Last Modified: 30 Jan 2019 16:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59297

Actions (login required)

View Item View Item