PENGARUH PENGGUNAAN INTERNET BANKING DAN PERLINDUNGAN NASABAH PENGGUNA FASILITAS INTERNET BANKING TERHADAP CYBER CRIME DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (DIY)

Naili Rahmah, Yuslia (2018) PENGARUH PENGGUNAAN INTERNET BANKING DAN PERLINDUNGAN NASABAH PENGGUNA FASILITAS INTERNET BANKING TERHADAP CYBER CRIME DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (DIY). S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img] Text
Skripsi_Yuslia Naili Rahmah_14804241008.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh Penggunaan Internet Banking terhadap Terjadinya Cyber Crime di wilayah D.I. Yogyakarta, (2) pengaruh Perlindungan Nasabah Bank dalam Penggunaan Fasilitas Internet Banking terhadap Terjadinya Cyber Crime di wilayah D.I. Yogyakarta, (3) pengaruh Penggunaan Internet Banking dan Perlindungan Nasabah Bank dalam Penggunaan Fasilitas Internet Banking terhadap Terjadinya Cyber Crime di wilayah D.I. Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode pengumpulan data kuisioner. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna fasilitas internet banking di wilayah D.I. Yogyakarta. Sampel sebanyak 72 responden yang ditentukan dengan teknik random sampling. Uji validitas instrumen menggunakan Korelasi Product Moment sedangkan untuk uji reliabilitas menggunakan Cronbach Alpha. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan Penggunaan Internet Banking terhadap Cyber Crime di wilayah DIY dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,281 dan nilai signifikansi sebesar 0,037, (2) terdapat pengaruh dari masing-masing variabel Perlindungan Nasabah yaitu terdapat pengaruh negatif dan signifikan Client Charter terhadap Cyber Crime di wilayah DIY dengan nilai koefisien regresi -0,591 dan nilai signifikansi sebesar 0,022, terdapat pengaruh positif dan signifikan Kerahasiaan Data Nasabah terhadap Cyber Crime di wilayah DIY dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,630. dan nilai signifikansi sebesar 0,014, tidak terdapat pengaruh dan tidak signifikan Test and Trial Drive terhadap Cyber Crime di wilayah DIY dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,036 dan nilai signifikansi sebesar 0,852, terdapat pengaruh positif dan signifikan Customer Support Service terhadap Cyber Crime di wilayah DIY dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,528 dan nilai signifikansi sebesar 0,014, (3) terdapat pengaruh Penggunaan Internet Banking dan Perlindungan Nasabah Pengguna Fasilitas Internet Banking (Client Charter, Kerahasiaan Data Nasabah, Test and Trial Drive, dan Customer Support Service) secara bersama-sama terhadap Terjadinya Cyber Crime di wilayah DIY dengan nilai Fhitung sebesar 4,714 dengan nilai signifikansi F sebesar 0,001. Kata Kunci: Internet Banking, Client Charter, Kerahasiaan Data Nasabah, Test and Trial Drive, Customer Support Service, Cyber Crime

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Bank dan Perbankan
Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 30 Aug 2018 05:25
Last Modified: 30 Jan 2019 16:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59263

Actions (login required)

View Item View Item