KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) DITINJAU DARI PENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMA KELAS X PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS

Jauhari, Latif and Pujianto, Pujianto (2018) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) DITINJAU DARI PENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMA KELAS X PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LATIF.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui a) Perbedaan peningkatan keterampilan berpikir kritis antara peserta didik yang diberikan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) dengan peserta didik yang diberikan pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional pada materi momentum dan impuls, dan b) Peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik yang diberikan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) pada materi momentum dan impuls. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian pretest-posttest control group. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIA SMAN 1 Tempel. Sampel penelitian ini ditentukan dengan teknik sampling jenuh yaitu kelas X MIA 1 sebagai kelas kontrol dan kelas X MIA 2 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data keterampilan berpikir kritis peserta didik dilakukan dengan pretest dan posttest. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif, dan nilai standard gain. Hasil penelitian ini adalah: 1) ada perbedaan peningkatan keterampilan berpikir kritis antara peserta didik yang diberikan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) dengan peserta didik yang diberikan pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional pada materi momentum dan impuls di SMAN 1 Tempel, dan 2) Peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik yang diberikan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) sebesar 0,53 (sedang).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Think-Pair-Share (TPS), keterampilan berpikir kritis, momentum dan impuls
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 30 Aug 2018 05:00
Last Modified: 30 Jan 2019 16:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59241

Actions (login required)

View Item View Item