PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS THINKING ACTIVELY IN SOCIAL CONTEXT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Khamdani, Tomi Rahmad and Sukardiyono, Sukardiyono (2018) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS THINKING ACTIVELY IN SOCIAL CONTEXT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_TOMI RAHMAD KHAMDANI_NIM 13302241007.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan produk perangkat pembelajaran yang layak untuk pembelajaran gerak melingkar berbasis Thinking Actively in Social Context. (2) Mengetahui peningkatan motivasi belajar peserta didik setelah menggunakan model pembelajaran Thinking Actively in Social Context. (3) Mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik, setelah menggunakan model pembelajaran Thinking Actively in Social Context Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan design penelitian Four D Model. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MIA semester 1 di SMA N 1 Ngemplak Tahun ajaran 2017/2018.. Sampel dari penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIA 1 SMA N 1 Ngemplak, teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan pretest untuk memperoleh data awal hasil belajar dan pengisian angket motivasi belajar untuk memperoleh data motivasi awal peserta didik, kemudian melakukan pembelajaran dan diikuti dengan observasi keterlaksanaan pembelajaran. Setelah selesai pembelajaran peserta didik diberi posttest untuk memperoleh data akhir hasil belajar dan diberi angket motivasi belajar untuk memperoleh data motivasi belajar peserta didik setelah pembelajaran. Uji Validitas dan Kualitas perangkat pembelajaran dilakukan dengan Aiken V’ dan Simpangan Baku Ideal (Sbi), Uji Reliabilitas soal menggunakan ITEMAN. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah Standard Gain untuk mengetahui peningkatan Hasil Belajar dan Motivasi Belajar. Hasil penelitian ini meneunjukan bahwa: (1) Telah dihasilkan sebuah Perangkat pembelajaran yang layak digunakan untuk gerak melingkar dengan kualitas RPP sangat baik, silabus sangat baik dan LKPD sangat baik. (2) Terdapat peningkatan dalam motivasi belajar fisika setelah peserta didik mengikuti pembelajaran dengan model Thingking Actively in Social Context, dengan masingmasing kualitas peningkatan untuk motivasi belajar terdapat peningkatan sebesar 0,024 dengan kualitas sangat rendah (3) Hasil belajar menunjukan kualitas peningkatan sebesar 0,349 dengan kualitas rendah, penentuan kualitas tersebut berdasarkan pada analisis standart gain yang digunakan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Perangkat Pembelajaran, Thingking Actively in Social Context, Motivasi Belajar dan Hasil Belajar
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 30 Aug 2018 05:00
Last Modified: 30 Jan 2019 16:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59240

Actions (login required)

View Item View Item