Pengembangan Web Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Inquiry Training untuk Meningkatkan Literasi Sains dan Keterampilan Generik Siswa SMA dalam Pembelajaran Fisika

Batong, Julianty Siska Tandibua (2018) Pengembangan Web Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Inquiry Training untuk Meningkatkan Literasi Sains dan Keterampilan Generik Siswa SMA dalam Pembelajaran Fisika. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-Julianty-16726251033.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) menghasilkan Web-LKPD berbasis inquiry training yang layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan literasi sains dan keterampilan generik dan (2) melihat keefektifan produk Web-LKPD berbasis Inquiry Training terhadap kemampuan literasi sains dan keterampilan generik peserta didik SMA. Penelitian menggunakan metode R&D dengan model 4D yang meliputi (1) Define (analisis kebutuhan pembelajaran), (2) Design (perancangan draf produk), (3) Development (penilaian ahli dan guru, uji coba produk, revisi produk), dan (4) Dissemination (penyebarluasan produk akhir). Subjek uji coba terbatas terdiri dari 33 peserta didik di kelas XI MIPA 3 SMAN 4 Yogyakarta. Subjek uji coba lapangan pada kelas eksperimen terdiri dari 30 peserta didik kelas X IPA 2 dan pada kelas kontrol terdiri dari 30 peserta didik kelas X IPA 1, SMA Negeri 1 Kota Sorong Papua Barat. Instrumen pengumpulan data yang digunakan meliputi lembar penilaian kemampuan literasi sains dan keterampilan generik dan angket respon peserta didik terhadap produk yang dikembangkan. Teknik analisis data menggunakan statistika deskriptif, analisis N-Gain untuk menganalisis peningkatan kemampuan yang di ukur, uji statistik multivariat Hotelling’s T^2 untuk melihat perbedaan antara dua kelompok percobaan, dan analisis effect size digunakan untuk menguji besarnya keefektifan produk. Hasil penelitian menunjukan bahwa telah dihasilkan Web-LKPD berbasis inquiry training yang: (1) layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan literasi sains dan keterampilan generik dengan kategori sangat baik berdasarkan penilaian ahli dan guru (2) efektif untuk meningkatkan kemampuan literasi sains dan keterampilan generik secara signifikan berdasarkan analisis effect size dengan nilai cohen’s f = 0,40 terhadap literasi sains dan cohen’s f = 0,22 terhadap keterampilan generik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: lembar kerja web, inquiry training, literasi sains, keterampilan generik
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 29 Aug 2018 01:32
Last Modified: 22 Nov 2023 04:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59226

Actions (login required)

View Item View Item