PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERBASIS SETS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK SMA

Handayani, Dwi Lestari and Istiyono, Edi (2018) PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERBASIS SETS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK SMA. S1 thesis, FMIPA.

[img]
Preview
Text
12. Skripsi.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) menghasilkan modul fisika berbasis SETS yang layak digunakan pada materi momentum dan impuls, (2) menghasilkan modul fisika berbasis SETS yang efektif pada materi momentum dan impuls, (3) mengetahui peningkatan kemampuan literasi sains peserta didik setelah menggunakan modul fisika berbasis SETS. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model 4-D menurut Thiagarajan dan Semmel (1974:5). Tahap define merupakan tahap awal untuk mendefinisikan permasalahan yang terdiri dari analisis awal, analisis peserta didik, analisis tugas, dan analisis konsep yang menghasilkan analisis tujuan pembelajaran. Tahap design dilakukan dengan mengembangkan rancangan modul dan instrumen penelitian. Tahap develop dilakukan untuk menghasilkan modul, RPP, Soal pretest posttest, dan instrumen pengumpulan data yaitu lembar validasi, lembar observasi keterlaksanaan RPP, angket respon peserta didik yang sudah divalidasi, dan direvisi berdasarkan komentar, saran, dan penilaian dari validator ahli dan praktisi. Pada tahap develop juga dilakukan uji coba terbatas butir soal dan uji coba lapangan. Modul yang dikembangkan diuji coba di SMA N 4 Yogyakarta dengan melakukan eksperimen. Kelas eksperimen diberi pembelajaran dengan modul fisika berbasis SETS yaitu kelas X IA 3 dan kelas kontrol tanpa menggunakan modul fisika berbasis SETS yaitu kelas X IA 5. Tahap disseminate dilakukan untuk penyebaran modul fisika berbasis SETS dalam skala lebih luas. Hasil penelitian menunjukkan : (1) modul fisika berbasis SETS layak digunakan dalam pembelajaran momentum dan impuls, dan memperoleh kategori sangat baik dilihat dari analisis hasil telaah menggunakan Sbi dengan skor rata-rata total 4,55 (sangat baik), (2) modul fisika berbasis SETS efektif meningkatkan kemampuan literasi sains dengan rata-rata gain score 0,522 untuk aspek konten dan konteks sains, (3) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan literasi sains aspek konten dan konteks sains antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol dengan nilai signifikansi sebesar 0,002 (<0,05) pada uji-T.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: modul fisika berbasis SETS , kemampuan literasi sains, momentum dan impuls
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 30 Aug 2018 04:58
Last Modified: 30 Jan 2019 16:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59214

Actions (login required)

View Item View Item