PENERAPAN METODE TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X TKR A PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI DASAR OTOMOTIF DI SMK MUHAMMADIYAH 1 SALAM

Fitrianto, Mochamad Amin (2018) PENERAPAN METODE TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X TKR A PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI DASAR OTOMOTIF DI SMK MUHAMMADIYAH 1 SALAM. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
14504241001_MOCHAMAD AMIN FITRIANTO_NASKAH TAS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkannya metode tutor sebaya pada mata pelajaran Teknologi Dasar Otomotif (TDO) kelas X TKR A di SMK Muhammadiyah 1 Salam. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas, dengan metode pembelajaran yang diterapkan adalah metode tutor sebaya. Subjek penelitian adalah siswa kelas X TKR A di SMK Muhammadiyah 1 Salam tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah sebanyak 28 siswa. Variabel yang diamati dan diukur adalah hasil belajar siswa. Teknik penggumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes objektif. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X TKR A pada mata pelajaran Teknologi Dasar Otomotif. Hasil belajar siswa meningkat sebesar 50% dari pra tindakan ke siklus I dan meningkat sebesar 10,71% dari siklus I ke siklus II.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Drs. Sudiyanto, M.Pd. (Dosen Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Metode Tutor Sebaya, Hasil Belajar Siswa, TDO
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 30 Aug 2018 04:31
Last Modified: 30 Jan 2019 16:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59213

Actions (login required)

View Item View Item