PENGEMBANGAN KOMIK DIGITAL TABLE MANNER PADA JAMUAN MAKAN FORMAL UNTUK PEMBELAJARAN TATA HIDANG DI SMK NEGERI 4 YOGYAKARTA

Untari, Untari (2018) PENGEMBANGAN KOMIK DIGITAL TABLE MANNER PADA JAMUAN MAKAN FORMAL UNTUK PEMBELAJARAN TATA HIDANG DI SMK NEGERI 4 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Untari_14511244016.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengembangkan komik digital sebagai media pembelajaran table manner; 2) Mengetahui kelayakan komik digital table manner menurut ahli materi; 3) Mengetahui kelayakan komik digital table manner menurut ahli media; 4) Mengetahui kelayakan komik digital table manner dari aspek pengguna. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development model 4D (Define, Design, Development, Dissemination). Penelitian dilaksanakan tanggal 6 Februari hingga 6 Juni 2018. Subjek penelitian yaitu 2 ahli materi, 1 ahli media, dan siswa kelas XI Patiseri 1 dan 2 SMK Negeri 4 Yogyakarta. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan angket. Instrumen penelitian berupa angket tertutup. Hasil validasi instrumen dinyatakan layak digunakan untuk penelitian oleh ahli media dan ahli materi. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian berupa penilaian kelayakan komik digital dari ahli materi, ahli media, dan pengguna. Penilaian pengguna dilakukan dengan uji coba terbatas dan skala besar. Hasil yang diperoleh yaitu 1) Kelayakan komik digital dari ahli materi memperoleh rerata 3,51 dengan kategori Sangat Layak, 2) Kelayakan komik digital dari ahli media memperoleh rerata 3,82 dengan kategori Sangat Layak, 3) Uji coba terbatas memperoleh rerata 3,63 dengan kategori Sangat Layak, 4) Uji skala besar memperoleh rerata 3,47 dengan kategori Sangat Layak. Dengan demikian, komik digital table manner layak digunakan sebagai media pembelajaran tata hidang di SMK Negeri 4 Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Wika Rinawati, S. Pd., M. Pd. (Dosen Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Komik Digital, Table Manner
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 30 Aug 2018 04:34
Last Modified: 30 Jan 2019 16:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59211

Actions (login required)

View Item View Item