PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BATIK TULIS PADA ANAK TUNARUNGU KELAS X DI SLB NEGERI WONOGIRI

Asoka Dewi, Isti (2018) PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BATIK TULIS PADA ANAK TUNARUNGU KELAS X DI SLB NEGERI WONOGIRI. S1 thesis, Pendidikan Seni Kerajinan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Isti Asoka Dewi_14207241054.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran keterampilan batik pada anak tunarungu kelas X SLB Negeri Wonogiri tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yaitu mendeskripsikan tentang perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran keterampilan batik tulis. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data melalui triangulasi teknik. Instrumen pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan pembelajaran memulainya dengan perancangan RPP sesuai kompetensi inti dan kompetensi dasar serta disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi siswa tunarungu. 2) Pelaksanaan pembelajaran meliputi kegiatan pendahuluan (membuka dengan salam, berdoa, mengecek kehadiran dan kesiapan siswa dalam menerima pelajaran, membangkitkan ingatan siswa pada pertemuan sebelumnya dan memberi motivasi pada siswa). Pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode ceramah dengan menggunakan bahasa isyarat, demonstrasi, dan unjuk kerja. Kegiatan inti (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, asosiasi, dan komunikasi), kegiatan penutup (umpan balik, menyimpulkan materi, penilaian, refleksi dan ditutup dengan salam). 3) Evaluasi pembelajaran melalui karya yang dihasilkan siswa tunarungu yang diaplikasikan pada taplak meja. Penilaian dengan memperhatikan; a) aspek kognitif, melalui tanya jawab pada saat proses pembelajaran batik berlangsung, b) aspek afektif, diperoleh guru dengan mengamati sikap dan tingkah laku siswa, c) aspek psikomotorik, diperoleh guru dengan melakukan evaluasi dengan cara menilai hasil karya siswa. Berdasarkan hasil evaluasi yang menunjukkan bahwa pembelajaran keterampilan batik tulis sudah memenuhi KKM yaitu 65 dengan nilai Joiya yaitu 79,5, Rafli yaitu 73,5, Na’im yaitu 76,94.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Rupa
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Rupa > Pendidikan Kriya
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Kerajinan FBS
Date Deposited: 28 Aug 2018 06:46
Last Modified: 30 Jan 2019 16:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59194

Actions (login required)

View Item View Item