PENGARUH POLA ASUH ORANGTUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI SEGUGUS IV PENGASIH KULON PROGO YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012

Ariyani, Yusinta Dwi (2012) PENGARUH POLA ASUH ORANGTUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI SEGUGUS IV PENGASIH KULON PROGO YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Yusinta Dwi Ariyani.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh pola asuh yang diterapkan oleh orangtua terhadap pencapaian prestasi belajar dan pola asuh yang paling dominan mempengaruhi prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri se-gugus IV Pengasih, Kulon Progo tahun ajaran 2011/2012, (2) penerapan pola asuh orangtua siswa kelas V SD Negeri se-gugus IV Pengasih, Kulon progo tahun ajaran 2011/2012, (3) pencapaian hasil prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri se-gugus IV Pengasih, Kulon progo tahun ajaran 2011/2012. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif ex-postfacto, dan menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 120 siswa, tetapi karena keterbatasan dana, waktu dan tenaga maka dalam melaksanakan penelitian digunakan sampel. Sampel penelitian ini 55 siswa yang dipilih menggunakan Proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket tertutup untuk pola asuh orangtua dan dokumentasi untuk prestasi belajar. Uji validitas instrumen dengan mengkorelasikan tiap-tiap butir item dengan total skor. Rumus yang digunakan untuk mengkorelasikan adalah rumus Product Moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Analisis data penelitian menggunakan regresi berganda dengan 3 prediktor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh pola asuh yang diterapkan oleh orangtua siswa terhadap pencapaian prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri se-gugus IV Pengasih, Kulon Progo sebesar 28,9%, dengan Fhitung sebesar 6,925 dan Ftabel sebesar 2,79 maka Fhitung>Ftabel (2) pola asuh yang diterapkan oleh orangtua siswa di lingkungan keluarga pada siswa kelas V SD Negeri se-gugus IV Pengasih, Kulon progo adalah pola asuh demokratis sebesar 74,55%, (3) pencapaian hasil prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri se-gugus IV Pengasih, Kulon progo tahun ajaran 2011/2012 dalam kategori cukup sebesar 90,91%. Kata Kunci :Pola Asuh Orangtua, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 18 Sep 2012 10:43
Last Modified: 29 Jan 2019 16:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5917

Actions (login required)

View Item View Item