Pamungkas, Wisnu Jati (2012) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN PENGERJAAN HITUNG CAMPURAN DENGAN METODE KOOPERATIF TIPE STAD DI KELAS IV SD NEGERI KEDUNGSARI 3KOTA MAGELANG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
Wisnu Jati Pamungkas.pdf Download (49kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika dengan cara menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas IV SD Negeri Kedungsari 3 Kota Magelang. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Kedungsari 3 yang berjumlah 31 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan model Kemmis Taggart. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus, setiap siklus melalui empat tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes, Pada akhir siklus tindakan dilakukan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya peningkatan terhadap prestasi belajar siswa dari kondisi awal pada tahap pra tindakan dengan rata-rata hasil perhitungan tes 55, setelah dilakukan tindakan pada siklus I hasil rata-rata naik menjadi 64,13 dan seteleh dilakukan tindakan pada siklus II hasil rata-rata naik menjadi 82,96. Dari rata-rata tersebut dapat diketahui terjadi peningkatan minat belajar Matematika sebesar 9,13% dari tahap pra tindakan ke siklus I dan terjadi peningkatan sebesar 18,83% dari siklus I ke siklus II. Motivasi rata-rata siswa pada pembelajaran matematika mengalami peningkatan sebanyak 20,64% pada siklus I sebanyak 61,93% dan pada siklus II menjadi 82,57%. Pada siklus II keaktifan rata-rata siswa sudah meningkat dan sudah mencapai target yang diharapkan yaitu 80% juga mengalami peningkatan. Dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan prestasi belajar Matematika siswa kelas IV SD Negeri Kedungsari 3 Kota Magelang. Kata kunci:prestasi belajar, STAD, minat belajar.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Teknologi Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 18 Sep 2012 10:43 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 16:22 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5913 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |