PEMBUATAN APLIKASI SIMPUS (SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PUSKESMAS) SEBAGAI SARANA PENDATAAN IBU HAMIL DAN BAYI BERBASIS ANDROID

Damaraji, Galih Malela (2018) PEMBUATAN APLIKASI SIMPUS (SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PUSKESMAS) SEBAGAI SARANA PENDATAAN IBU HAMIL DAN BAYI BERBASIS ANDROID. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
14520241038_Galih Malela Damaraji_NASKAH TUGAS AKHIR SKRIPSI.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Merancang dan membangun aplikasi sistem informasi manajemen puskesmas (SIMPUS) yang digunakan oleh bidan untuk mengatasi terbatasnya pendataan dan pengolahan data ibu hamil dan bayi berbasis Android, (2) Mengetahui kualitas aplikasi yang dikembangkan berdasarkan standar kualitas perangkat lunak ISO/IEC 25010 pada aspek functional suitability, compatibility, performance efficiency, dan usability. Metode yang digunakan adalah research and development dengan prosedur pengembangan perangkat lunak waterfall yang terdiri dari komunikasi, perencanaan, pemodelan, konstruksi, dan penyerahan perangkat lunak kepada pengguna. Hasil dari penelitian ini adalah 1) aplikasi sistem informasi manajemen puskesmas sebagai sarana pendataan ibu hamil dan bayi berbasis Android yang dikembangkan menggunakan Android Studio, dan 2) hasil pengujian menunjukkan aplikasi telah memenuhi standar ISO/IEC 25010 pada aspek (1) functional suitability seluruh fungsi aplikasi berjalan 100%, (2) compatibility aplikasi kompatibel 100% dari sisi co - existence, dan 100% kompatibel di berbagai sistem operasi dan tipe perangkat, (3) performance efficiency aplikasi berhasil dengan baik tanpa terjadi memory leak. Time behaviour utilization rata-rata 0,037 seconds/thread, CPU utilization rata-rata 16.74%, memory utilization rata-rata 13.54 MB, dan (4) usability aplikasi memperoleh 79,08%.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Nurkhamid, S.Si., M.Kom., Ph.D. (Dosen Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi, Android, ISO/I EC 25010
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 30 Aug 2018 04:10
Last Modified: 30 Jan 2019 16:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59104

Actions (login required)

View Item View Item