RESONANSI BANGUNAN DENGAN ANALISIS MIKROTERMOR DI DUSUN PATUK KABUPATEN GUNUNG KIDUL

Daristasri, Pipit and Budi Wibowo, Nugroho (2018) RESONANSI BANGUNAN DENGAN ANALISIS MIKROTERMOR DI DUSUN PATUK KABUPATEN GUNUNG KIDUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Skripsi Jadi.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui nilai frekuensi dengan metode HVSR dan FSR Menentukan nilai resonansi beberapa bangunan di berdasarkan nilai frekuensi alami bangunan dan tanah, Mengetahui peta resiko kerusakan bangunan di Dusun Patuk, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul.Data penelitian diperoleh melalui pengukuran mikrotremor di 11 titik lokasi pengambilan data. Data mikrotremor kemudian dianalisis menggunakan metode Horizontal to Vertical Spectral Ratio (HVSR) untuk mendapatkan frekuensi alami tanah dan faktor amplifikasi tanah kemudian metode Floor Spectral Ratio (FSR) untuk mendapatkan hasil frekuensi bangunan dan amplifikasi bangunan di setiap titik penelitian. Hasil dari analisis mikrotremor digunakan untuk menentukan nilai Resonansi (R).Hasil studi ini menyatakan bahwa nilai rata-rata resonansi untuk komponen EW dan NS di Dusun Patuk berkisar antara 22,25 % sampai 590,63 %. Dengan titik 6 dan titik 10 yang mempunyai tingkat kerentanan resonansi sedang dengan nilai 16,07 % dan 22,25% .

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: resonansi bangunan, horizontal to vertical spectral ratio, floor spectral ratio, mikrotremor, Patuk
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Fisika > Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 30 Aug 2018 04:08
Last Modified: 30 Jan 2019 16:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59100

Actions (login required)

View Item View Item