PENGEMBANGAN LKS EKSPERIMEN DENGAN MEDIA SIMULASI VIRTUAL LAB PhET UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN PENGUASAAN MATERI FISIKA PADA SISWA SMA

Zahro, Zunyatus and Pujianto, Pujianto (2018) PENGEMBANGAN LKS EKSPERIMEN DENGAN MEDIA SIMULASI VIRTUAL LAB PhET UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN PENGUASAAN MATERI FISIKA PADA SISWA SMA. S1 thesis, FMIPA.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_FULL_ZUNYATUS_ZAHRO_14302244005.pdf

Download (19MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan LKS eksperimen dengan media simulasi virtual lab PhET yang layak untuk meningkatkan keterampilan proses sains pada siswa kelas XI semester 2 SMA N 4 Yogyakarta, (2) mengetahui peningkatan keterampilan proses sains siswa kelas XI semester 2 SMA N 4 Yogyakarta dalam pembelajaran menggunakan LKS eksperimen dengan media simulasi virtual lab PhET materi pembiasan cahaya, (3) Mengetahui peningkatan penguasaan materi siswa kelas XI semester 2 SMA N 4 Yogyakarta dalam pembelajaran menggunakan LKS eksperimen dengan media simulasi virtual lab PhET materi Pembiasan Cahaya, dan (4) mengetahui respon siswa kelas XI semester 2 SMA N 4 Yogyakarta dengan penggunaan LKS eksperimen berbantuan media simulasi virtual lab PhET pada proses pembelajaran fisika. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan 4-D (Four D Models). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 5 SMA N 4 Yogyakarta tahun 2017/2018. Pada tahap define, menetapkan dan mendefinisikan kebutuhan-kebutuhan di dalam proses pembelajaran. Tahap design, merancang penyusunan instrumen penelitian berupa perangkat pembelajaran dan instrumen penilaian kualitas perangkat pembelajaran. Tahap develop, validasi produk oleh validator ahli dan praktisi, uji coba terbatas, dan uji luas. Tahap disseminate, penyebarluasan produk LKS eksperimen hasil pengembangan. Data penelitian ini adalah lembar validasi instrumen oleh validator ahli dan praktisi, soal pretestposttest, dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) LKS eksperimen dengan media simulasi virtual lab PhET layak digunakan untuk meningkatkan keterampilan proses pada siswa kelas XI semester 2 SMA N 4 Yogyakarta. (2) LKS eksperimen dapat meningkatkan keterampilan proses sains dengan rata-rata skor total yang semakin meningkat dari praktikum 1 sampai praktikum 3, pada praktikum 1 adalah 3,05 (baik), praktikum 2 adalah 3,31 (sangat baik), dan praktikum 3 adalah 3,60 (sangat baik). (3) LKS eksperimen dapat meningkatkan penguasaan materi dengan skor standart gain (g) 0,79 dalam kriteria tinggi. Dan (4) Respon siswa terhadap LKS eksperimen yaitu dapat memudahkan dan membantu proses belajar fisika dengan rata-rata skor 3,15 dengan kriteria baik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: LKS, Keterampilan Proses Sains, Penguasaan Materi
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 30 Aug 2018 03:57
Last Modified: 30 Jan 2019 16:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59098

Actions (login required)

View Item View Item