MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER BAGI SISWA KELAS IV SD N SOMPOKAN

Erviana, Vera Yuli (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER BAGI SISWA KELAS IV SD N SOMPOKAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Vera Yuli Erviana.pdf

Download (50kB) | Preview

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together bagi siswa kelas IVSD Negeri Sompokan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas tipe penelitian tindakan partisipan dimana peneliti bekerjasama dengan guru kelas IV SD Negeri Sompokan, sebagai pelaksana tindakan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Sompokan yang berjumlah 35 siswa yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SD Negeri Sompokan yang terletak di Desa Sompokan, Kelurahan Margomulyo, Kecamatan Seyegan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Objek penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar IPS menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together bagi siswa kelas IV SD Negeri Sompokan. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu tes dan observasi. Data yang diperoleh berupa hasil tes siswa sebagai data primer dan hasil observasi sebagai data pendukung. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif untuk hasil tes dan analisis deskriptif kualitatif untuk hasil observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran IPS bagi siswa kelas IV SD Negeri Sompokan. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan nilai dari sebelum pemberian tindakan hingga siklus II. Nilai rata-rata kelas yang diperoleh siswa sebelum pemberian tindakan adalah 63,71 dengan persentase siswa yang mencapai ketuntasan belajar yaitu 52%. Pada siklus I, nilai rata-rata kelas yang diperoleh siswa naik menjadi 72,57 dengan persentase siswa yang mencapai ketuntasan belajar adalah 72%. Pada siklus II, nilai rata-rata kelas yang diperoleh siswa semakin naik menjadi 80 dengan persentase siswa yang mencapai ketuntasan belajar adalah 94%. Kata Kunci: hasil belajar IPS, model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 18 Sep 2012 10:43
Last Modified: 29 Jan 2019 16:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5909

Actions (login required)

View Item View Item