UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI MENTEL I HARGOSARI TANJUNGSARI GUNUNGKIDUL

Mukti, Trima (2012) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI MENTEL I HARGOSARI TANJUNGSARI GUNUNGKIDUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Trima Mukti.pdf

Download (139kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan operasi hitung bilangan bulat melalui penggunaan alat peraga pada siswa kelas IV SD Negeri Mentel I Hargosari Tanjungsari Gunungkidul. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan desain spiral. Langkah pelaksanaan penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Mentel I sebanyak 15 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus tindakan. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Observasi dan dokumentasi digunakan untuk mengetahui aktivitas siswa dalam pembelajaran, sedangkan tes digunakan untuk mengetahui keterampilan operasi hitung bilangan bulat pada siswa kelas IV SD Negeri Mentel I. Data dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan alat peraga dapat meningkatkan keterampilan operasi hitung bilangan bulat. Peningkatan keterampilan operasi hitung bilangan bulat terbukti dengan hasil tes yang meliputi kecepatan dan ketepatan. Pada pra tindakan, terdapat 4 siswa dari 15 siswa yang membutuhkan waktu >20 menit untuk menyelesaikan soal. Pada siklus I, semua siswa dapat menyelesaikan soal dengan waktu <20 menit dan rata-ratanya 14 menit 14 detik. Pada siklus II, semua siswa juga dapat menyelesaikan soal dengan waktu <20 menit dan rata-ratanya 13 menit 45 detik. Nilai rata-rata siswa pada pra tindakan yaitu 50,3 pada siklus I 68 dan pada siklus II menjadi 77. Siswa yang mendapat nilai ≥65 pada pra tindakan sebanyak 4 siswa (26,7%), pada siklus I terdapat 9 siswa (60%) dan pada siklus II meningkat menjadi 13 siswa (86,7%). Kata kunci : keterampilan operasi hitung bilangan bulat, alat peraga

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 18 Sep 2012 10:43
Last Modified: 29 Jan 2019 16:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5908

Actions (login required)

View Item View Item