PENINGKATAN AKTIVITAS MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MELALUI MEDIA GAMBAR BERSERI SISWA KELAS IV SD N I NGANDONG TAHUN AJARAN 2011/2012

Suwartini, Sri (2012) PENINGKATAN AKTIVITAS MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MELALUI MEDIA GAMBAR BERSERI SISWA KELAS IV SD N I NGANDONG TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Sri Suwartini.pdf

Download (84kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dalam mengajukan pendapat, aktivitas dalam mengajukan pertanyaan, aktivitas dalam menulis, inisiatif keberanian dalam menjawab pertanyaan dan aktivitas dalam mengurutkan gambar. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan di kelas IV SD N I Ngandong tahun 2011/2012 Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri I Ngandong, Kecamatan Gantiwarno, Kabupaten Klaten. Objek penelitiannya adalah proses belajar mengajar siswa tentang aktivitas siswa dalam menulis karangan deskripsi menggunakan gambar berseri. Desain penelitiannya dengan menggunakan model spiral yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian dilakukan melalui dua siklus. Pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi dan tes. Metode observasi digunakan untuk mengumpulkan data aktivitas guru, siswa serta media sedangkan metode tes untuk mengetahui kemampuan siswa. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis kuantitatif dengan persentase dan teknik analisis data dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media gambar berseri dapat : (1) meningkatkan aktivitas dalam menyusun karangan deskripsi siswa menjadi 27,6%; (2). meningkatkan aktivitas dalam mengajukan pendapat yaitu 45%; (3). meningkatan aktivitas dalam mengajukan pertanyaan yaitu 11%; (4). meningkatkan aktivitas dalam menulis menjadi 49%; 5). meningkatkan aktivitas dalam menjawab menjadi 25%; 6). meningkatkan aktivitas dalam mengurutkan gambar menjadi 13%. Peningkatan aktivitas pra tindakan secara umum sebanyak 5 orang siswa dari 22,5% siswa aktif menjadi 27,6%. Peningkatan prestasi siswa pada siklus I dengan nilai baik 4 orang atau 18%, dan untuk siswa yang prestasinya sangat baik 1 orang atau 5%. Pada siklus II siswa yang nilainya baik 5 orang atau 27,6% dan siswa yang nilainya sangat baik 2 orang atau 9%. Kata Kunci: Aktivitas siswa, Media gambar berseri

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 18 Sep 2012 10:43
Last Modified: 29 Jan 2019 16:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5906

Actions (login required)

View Item View Item