HUBUNGAN KEMAMPUAN MEMBACA DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN SE-GUGUS HASANUDIN KECAMATAN BINANGUN KABUPATEN CILACAP TAHUN AJARAN 2011/2012

Ekowati, Peni (2012) HUBUNGAN KEMAMPUAN MEMBACA DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN SE-GUGUS HASANUDIN KECAMATAN BINANGUN KABUPATEN CILACAP TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Peni Ekowati.pdf

Download (84kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemampuan membaca dengan hasil belajar IPS siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri se-Gugus Hasanudin Kecamatan Binangun Kabupaten Cilacap tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di lima Sekolah Dasar yang berada di Gugus Hasanudin Kecamatan Binangun. Penelitian ini termasuk penelitian populasi. Teknik pengumpulan data kemampuan membaca menggunakan dokumentasi dan data hasil belajar IPS menggunakan teknik tes. Instrumen yang digunakan adalah soal IPS yang berupa soal pilihan ganda. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan membaca dengan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri se-Gugus Hasanudin Kecamatan Binangun Kabupaten Cilacap. Adapun hubungan tersebut ditunjukkan dengan koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,851 dan lebih besar dari r taraf signifikan 5% (0,207). Kata Kunci: kemampuan membaca, hasil belajar IPS, siswa kelas V SD

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 18 Sep 2012 10:43
Last Modified: 29 Jan 2019 16:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5900

Actions (login required)

View Item View Item