PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM KONSEP ENERGI MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BAGI SISWA KELAS I SD NEGERI PURO PAKUALAMAN 2

WIDYASTUTI, NUR SRI (2012) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM KONSEP ENERGI MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BAGI SISWA KELAS I SD NEGERI PURO PAKUALAMAN 2. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
NUR SRI WIDYASTUTI.pdf

Download (48kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Konsep Energi melalui Pembelajaran Kontekstual bagi kelas 1 SD Puro Pakualaman 2 sehingga dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 1 yang berjumlah 20 anak. Metode yang digunakan dengan cara tes dan non tes. Metode tes digunakan untuk mengukur hasil prestasi belajar siswa, sedangkan nontes untuk mengetahui keaktifan siswa ketika mengikuti pembelajaran dan kualitas mengajar guru. Analisis data yang digunakan berupa analisis deskriptif kuantitatif. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, dengan setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan dan observasi serta refleksi. Penelitian ini dikatakan berhasil apabila memenuhi indikator keberhasilan yaitu adanya peningkatan prestasi belajar dari siklus sebelumnya dan 75% siswa telah mencapai ketuntasan belajar. Hasil penelitian telah mampu menjawab perumusan masalah, mencapai tujuan penelitian dan membuktikan kebenaran hipotesis penelitian yaitu karena guru menggunakan pembalajaran kontekstual pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam maka terdapat peningkatan terhadap prestasi belajar siswa kelas 1 SD Puro Pakualaman. Keadaan tersebut dibuktikan oleh hasil analisis data bahwa : 1) nilai prestasi belajar siswa untuk setiap siklus senantiasa mengalami peningkatan secara signifikan, sampai dengan siklus terakhir menunjukkan rata rata 83. 2) siswa yang dinyatakan telah memenuhi kriteria belajar tuntas mencapai 80%. 3) Siswa aktif mengikuti pembelajaran pada siklus terakhir menunjukkan sampai 31% dan yang sangat aktif mencapai 37,5%. Kata Kunci : prestasi belajar, pembelajaran kontekstual

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 18 Sep 2012 10:43
Last Modified: 29 Jan 2019 16:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5897

Actions (login required)

View Item View Item