Pengaruh Penerapan Strategi Disciplinary Literacy Instruction terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah dan Keterampilan Menulis Ilmiah Peserta Didik pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit

Zulfah, Zulfah (2018) Pengaruh Penerapan Strategi Disciplinary Literacy Instruction terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah dan Keterampilan Menulis Ilmiah Peserta Didik pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-zulfah-16728251030.swf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh penerapan strategi disciplinary literacy instruction terhadap kemampuan memecahkan masalah dan keterampilan menulis ilmiah pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit kelas X SMA. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan menggunakan jenis posttest only group design. Populasi penelitian adalah peserta didik SMA Negeri di Sleman dan telah mengimplementasiskan gerakan literasi dalam pembiasaan dan pengembangan. Sampel sejumlah 64 peserta didik SMAN 2 Sleman, dengan kelas X MIA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 1 sebagai kelas kontrol yang masing-masing terdiri dari 32 peserta didik ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Kedua kelas dilakukan ulangan harian pada dua materi berturut-turut untuk melihat kemampuan kognitifnya dan hasilnya dianalisis menggunakan SPSS, yang menunjukkan hasil yang normal dan homogen serta nilai sig berada diatas 0,05 yaitu 0,968 dan 0,483 berturut-turut. Hal ini menandakan bahwa tidak ada perbedaan dari hasil belajar kedua kelas, dan adanya keseragaman dari kemampuan kognitif kedua kelas tersebut, maka penelitian dilanjutkan. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan soal kemampuan memecahkan masalah. Validasi yang digunakan berupa validasi konten oleh tiga ahli dan validasi empiris oleh 150 peserta didik. Hasil validasi menunjukkan bahwa instrumen bersifat valid dan reliabel. Teknik analisis yang digunakan untuk menganalisis pengaruh penerapan strategi disciplinary literacy instruction adalah analisis uji Manova dengan taraf signifikansi 0,05 dan uji partial eta squared. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua kelas memiliki data terdistribusi normal dan bersifat homogen. Uji hipotesis penelitian menghasilkan nilai sig 0,009 untuk kemampuan memecahkan masalah, 0,001 untuk keterampilan menulis ilmiah dan 0,000 untuk kemampuan memecahkan masalah dan keterampilan menulis ilmiah sekaligus. Angka ini menunjukkan Ha diterima bahwa terdapat perbedaan penerapan strategi disciplinary literacy instruction terhadap kemampuan memecahkan masalah dan keterampilan menulis ilmiah pada materi larutan elektrolit dan nonelektolit peserta didik kelas X. Besar pengaruh yang diberikan oleh strategi ini yaitu sebesar 0,105 dan 0,168. Besar pengaruh berada pada level sedang.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: disciplinary literacy instruction, kemampuan memecahkan masalah, keterampilan menulis ilmiah
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 27 Aug 2018 04:27
Last Modified: 09 May 2019 08:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58930

Actions (login required)

View Item View Item