PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI UNTUK MENGUKUR PENCAPAIAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK SMA KELAS XI MATERI OPTIKA

Saputro, Beni and Supahar, Supahar (2018) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI UNTUK MENGUKUR PENCAPAIAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK SMA KELAS XI MATERI OPTIKA. S1 thesis, FMIPA.

[img]
Preview
Text
beni saputro skripsi.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk menghasilkan produk instrumen penilaian yang layak untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi fisika materi pokok optika, dan (2) untuk mendeskripsikan pencapaian kemampuan berpikir tingkat tinggi fisika materi optika peserta didik SMA N 1 Rowokele. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model 4-D dari Thiagarajan yang dilengkapi dengan langkah pengembangan tes oleh Mardapi. Tahap – tahap yang dilakukan meliputi tahap define, design, develop, dan disseminate. Instrumen penilaian yang dikembangkan berupa soal bentuk pilihan ganda yang digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi fisika materi optika. Validitas instrumen penilaian dilakukan oleh guru fisika SMA. Uji coba terbatas dilakukan pada 23 peserta didik kelas XI MIPA 8 di SMA N 5 Yogyakarta. Uji coba secara luas dilakukan pada 260 peserta didik yang terdiri dari peserta didik kelas XI MIPA SMA N 5 Yogyakarta dan kelas XI MIPA di MA N 2 Yogyakarta. Penggunaan instrumen penilaian yang dikembangkan untuk mengukur kemapuan berpikir tingkat tinggi fisika materi optika dilakukan di SMA N 1 Rowokele yang melibatkan 79 peserta didik. Analisis data dilakukan dengan aplikasi Quest dan Parscale untuk mengetahui (1) Kecocokan Item Instrumen (fit MNSQ), (2) Reliabilitas, (3) Indeks Kesukaran, dan (4) Fungsi Informasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) diperoleh instrumen penilaian kemampuan berpikir tingkat tinggi fisika materi optika sebanyak 20 butir soal yang layak digunakan, dengan kriteria valid dengan indeks V Aikens pada rentang 0,94 sampai 1,00, reliabel dengan nilai relibility of estimates 0,97 yang masuk dalam kategori sangat reliabel dan fungsi informasi pada rentang -1,7 sampai 1,8 , cocok (fit) dengan Model Rasch yang dibuktikan dengan nilai infit MNSQ antara 0,81 sampai 1,28 dan mean 0,99, dan memenuhi syarat tingkat kesukaran butir (b) dengan rentang tingkat kesukaran berada antara -1,62 sampai 1,23 dengan mean 0,0 (2) Kemampuan berpikir tingkat tinggi (ϴ) materi optika di SMA N 1 Rowokele masuk dalam kategori rendah dengan rentang nilai ϴ antara -2,68 sampai 1,36 dengan mean -0,9.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pengembangan instrumen, penilaian, kemampuan berpikir tingkat tinggi, Fisika, optika, SMA
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 30 Aug 2018 04:01
Last Modified: 30 Jan 2019 16:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58927

Actions (login required)

View Item View Item