KAPASITAS VITAL PARU SISWA YANG MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER FUTSAL DAN BOLA BASKET DI SMA N 1 KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA

Dwiantono, Fendi (2018) KAPASITAS VITAL PARU SISWA YANG MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER FUTSAL DAN BOLA BASKET DI SMA N 1 KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Skripsi Full.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kapasitas vital paru siswa yang mengikuti ekstrakuikuler futsal dan bola basket di SMA N 1 Kasihan, Bantul,Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan pengukuran menggunakan instrumenSpirometer Air. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa yang mengikuti ekstrakurikuler futsal dan bola basket dengan jumlah 31 siswa, yang terdiri dari 17 siswa ekstrakurikuler futsal dan 14 siswa ekstrakurikuler bola basket. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Purposive Sample. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data statistik deskriptif dengan mengklasifikasikan kapasitas vital paru siswa yang mengikuti ekstrakurikuler futsal dan bola basket kedalam norma kapasitas vital paru untuk umur 15-20 tahun. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kapasitas vital paru siswa yang mengikuti ekstrakurikuler futsal dan bola basket yaitu: 0 siswa masuk dalam klasifikasi sangat kurang (0%), 3 siswa masuk dalam klasifikasi kurang (9,68%), 17 siswa masuk dalam klasifikasi sedang (54,84%), 10 siswa masuk dalam klasifikasi baik (32,26%) dan 1 siswa masuk dalam klasifikasi sangat baik (3,22%).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kapasitas Vital Paru, Ekstrakurikuler, Futsal, Bola Basket
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 27 Aug 2018 04:16
Last Modified: 30 Jan 2019 16:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58925

Actions (login required)

View Item View Item