PENINGKATAN KEMAMPUAN BERCERITA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR PADA ANAK KELOMPOK A TK ABA TRAYU GALUR KULON PROGO

Saryati, Saryati (2012) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERCERITA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR PADA ANAK KELOMPOK A TK ABA TRAYU GALUR KULON PROGO. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
Saryati.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bercerita anak melalui penggunaan media gambar pada anak kelompok A TK ABA Trayu Galur Kulon Progo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Desain penelitian yang digunakan adalah desain penelitian Kemmis & Taggart. Subyek penelitian adalah anak kelompok A TK ABA Trayu Galur Kulon Progo yang berjumlah 15 anak yang terdiri dari 6 laki-laki dan 9 perempuan. Obyek penelitian adalah peningkatan kemampuan bercerita melalui penggunaan media gambar. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, masing-masing siklus dilakukan melalui 3 pertemuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kualitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah apabila 85 % dari jumlah anak mempunyai kemampuan bercerita dalam kriteria baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan bercerita anak Kelompok A TK ABA Trayu Galur Kulon Progo sebagian besar menunjukkan kategori baik. Kemampuan bercerita dapat ditingkatkan melalui penggunaan media gambar. Peningkatan yang diperoleh sebesar 59,9%. Sebelum diberi tindakan kemampuan bercerita anak masih kurang. Dari hasil pelaksanaan observasi diperoleh peningkatan perkembangan kemampuan bercerita anak melalui media gambar sebelum tindakan ke siklus I sebesar 24,4%. Sebelum tindakan anak yang memperoleh hasil dengan kriteria baik sebesar 26,7%. Setelah diberi tindakan pada siklus I, persentase kemampuan bercerita anak sebesar 51,1% dengan kriteria baik. Sedangkan pada siklus II ada peningkatan sebesar 35,5% menjadi 86,6% anak yang memperolah hasil dengan kriteria baik. Kata kunci : kemampuan bercerita, media gambar, TK Kelompok A

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 18 Sep 2012 14:27
Last Modified: 29 Jan 2019 16:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5888

Actions (login required)

View Item View Item