PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO INTERAKTIF BERBASIS PROBLEM SOLVING GUNA MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI GERAK PARABOLA

Arafah, Zulaikha Ummul and Supahar, Supahar (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO INTERAKTIF BERBASIS PROBLEM SOLVING GUNA MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI GERAK PARABOLA. S1 thesis, FMIPA.

[img]
Preview
Text
12. SKRIPSI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk media pembelajaran video interaktif berbasis problem solving pada materi gerak parabola yang layak untuk pembelajaran fisika guna meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik SMA/MA (2) mengetahui ada tidaknya perbedaan peningkatan minat dan hasil belajar antara peserta didik yang menggunakan media pembelajaran video interaktif berbasis problem solving dengan PPT dan ceramah dalam pembelajaran fisika pada materi gerak parabola untuk jenjang SMA/MA dan (3) mengetahui keefektivitasan pembelajaran menggunakan media pembelajaran video interaktif berbasis problem solving guna meningkatkan minat dan hasil belajar pada materi gerak parabola untuk jenjang SMA/MA. Jenis penelitian ini adalah pengembangan (R&D) dengan desain ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yakni Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPA di MAN 3 Sleman tahun pelajaran 2017/2018 sebanyak 94 peserta didik yang terbagi dalam tiga kelas. Dari teknik pengambilan sampel diperoleh kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen, kelas X IPA 3 sebagai kelas kontrol 1 dan kelas X IPA 4 sebagai kelas kontrol 2. Instrumen pengambilan data yang digunakan berupa angket minat sebelum-sesudah dan soal pretest-posttest untuk mengetahui peningkatan minat dan hasil belajar peserta didik. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji gain dan uji GLM-MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) produk media pembelajaran video interaktif berbasis problem solving dinyatakan layak berdasarkan penilaian para ahli serta respon angket peserta didik dengan kategori baik (2) ada perbedaan peningkatan minat dan hasil belajar antara peserta didik yang menggunakan media pembelajaran video interaktif berbasis problem solving dengan PPT dan ceramah dalam pembelajaran fisika pada materi gerak parabola, berdasarkan hasil pengujian MANOVA yang menunjukkan nilai signifikansi 0,00 (3) media pembelajaran video interaktif berbasis problem solving lebih efektif dalam meningkatkan minat dan hasil belajar dibandingkan PPT dan ceramah berdasarkan nilai Mean Difference pada uji MANOVA.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Video interaktif, problem solving, minat belajar, hasil belajar, gerak parabola
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 30 Aug 2018 04:00
Last Modified: 30 Jan 2019 16:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58868

Actions (login required)

View Item View Item