UPAYA MENGEMBANGKAN PERILAKU KEDISIPLINAN MELALUI BERMAIN BALOK PADA ANAK KELOMPOK B1 TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL AL-IMAN GENDENG BACIRO YOGYAKARTA

Chayati, Siti Zumrotu (2012) UPAYA MENGEMBANGKAN PERILAKU KEDISIPLINAN MELALUI BERMAIN BALOK PADA ANAK KELOMPOK B1 TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL AL-IMAN GENDENG BACIRO YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
Rr. Siti Z C.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perilaku kedisiplinan melalui bermain balok pada anak kelompok B1 TK Aisyiyah Bustanul Athfal Al-Iman Gendeng Baciro Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang dilakukan secara kolaboratif dan partisipatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelompok B1 yang berjumlah 18 orang, terdiri dari 12 anak laki-laki, 6 anak perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan dokumentasi. Instruyen penelitian yakni panduan observasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ádalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku kedisiplinan anak kelompok B1 TK Aisyiyah Bustanul Athfal Al-Iman Gendeng Baciro Yogyakarta, dapat dikembangkan melalui bermain balok. Hal ini dibuktikan melalui hasil yang dicapai melalui bermain balok, yaitu kegiatan pra siklus kemandirian anak masih sangat rendah yaitu dari 18 anak, yang mau melaksanakan dengan kemandirian dan bersikap tertib hanya 3 orang anak saja atau 11,11% dari total jumlah anak. Ketaatan pada aturan yang ada dari 18 anak, 4 orang yang sudah mau taat tanpa dimotivasi atau mencapai 22,22% dari total jumlah anak. Pada tindakan siklus I yaitu ada 17 anak atau sebesar 94,44 yang sudah mencapai kemandirian, 1 anak atau 5,56% dari total jumlah anak, yang masih dimotivasi dalam berlaku disiplin. Pada ketaatan peraturan, ada 16 anak atau mencapai 88,89% dari total jumlah anak, sedangkan 2 anak atau 11,11%, masih dimotivasi guru agar mau mentaati peraturan dalam bermain. Pada tindakan siklus II, pada aspek kemandirian, anak yang memenuhi 3 indikator (skor 3) sudah mencapai ada 17 anak atau sebesar 100% dari total jumlah anak dan anak yang memenuhi indikator 2 (skor 2) ada 1 anak atau sebesar 5,56%. Pada aspek ada aturan yang harus ditaati, anak yang memenuhi 3 indikator (Skor 3) atau mencapai 88,89% dari total jumlah anak dan yang memenuhi 2 indikator (skor 2) mencapai 11,11%. Kata kunci : kedisiplinan, bermain balok, kelompok B1

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 18 Sep 2012 14:27
Last Modified: 29 Jan 2019 16:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5885

Actions (login required)

View Item View Item