UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN PEREKAYASAAN SISTEM AUDIO SISWA KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL

Prihantoro, Okto Yusuf (2018) UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN PEREKAYASAAN SISTEM AUDIO SISWA KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
TAS_Okto Yusuf Prihantoro_14502241004.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa model pembelajaran project based learning pada mata pelajaran perekayasaan sistem audio siswa kelas XI kompetensi keahlian teknik audio video di SMK Muhammadiyah 1 Bantul. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas menurut Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek penelitian siswa kelas XI TAV 2 semester genap tahun akademik 2017/2018 berjumlah 20 siswa. Keaktifan belajar siswa pra siklus sebesar 43,4%. Nilai rata-rata hasil belajar siswa ranah kognitif pra siklus sebesar 68,8 dan persentase sebesar 35%. Nilai rata-rata hasil belajar ranah psikomotorik pra siklus 70,3 dan persentase ketuntasan 67%. Indikator keberhasilan penelitian pada keaktifan belajar sebesar 60%. Sedangkan indikator keberhasilan pada hasil belajar ranah kognitif dan psikomotorik, persentase jumlah siswa yang mencapai nilai KKM sebesar 35%. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes hasil belajar, dan penilaian unjuk kerja. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran project based learning dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran perekayasaan sistem audio kelas XI TAV 2 SMK Muhammadiyah 1 Bantul. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata keaktifan belajar siswa siklus I sebesar 51%, dan meningkat menjadi 66% pada siklus II. Hasil belajar siswa ranah kognitif dan ranah psikomotorik juga mengalami peningkatan. Nilai rata-ratahasil belajar ranah kognitif siklus I sebesar 75,15 dan persentase ketuntasan sebesar 78,9%, kemudian meningkat pada siklus II menjadi 82,05 dengan persentase ketuntasan sebesar 84,02%. Nilai rata-rata hasil belajar ranah psikomotorik siklus I sebesar 75,1 dan persentase ketuntasan sebesar 85%, meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 80,2 dan persentase ketuntasan 90%.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Drs. Muhammad Munir, M.Pd (Dosen Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: PjBL (Project Based Learning) Keaktifan Belajar, Hasil Belajar, Perekayasaan Sistem Audio
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 30 Aug 2018 03:59
Last Modified: 30 Jan 2019 16:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58830

Actions (login required)

View Item View Item