PENINGKATAN KEMAMPUAN OPERASI BILANGAN (1-20) MELALUI MEDIA KARTU ANGKA PADA KELOMPOK B DI TK PERTIWI 53 GEBLAG BANTUL YOGYAKARTA

Septiyana, Rezani (2012) PENINGKATAN KEMAMPUAN OPERASI BILANGAN (1-20) MELALUI MEDIA KARTU ANGKA PADA KELOMPOK B DI TK PERTIWI 53 GEBLAG BANTUL YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
Rezani S.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anak dalam operasi bilangan khususnya penambahan dan pengurangan melalui media kartu angka yang disertai gambar di Taman Kanak-kanak Pertiwi 53 Geblag di kecamatan Bantul kabupaten Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, siklus II sebagai pemantapan dari siklus I. Subyek penelitian ini adalah anak-anak kelompok B1 di TK Pertiwi 53 Geblag Bantul tahun pelajaran 2011/2012 pada bulan Februari sampai April yang terdiri dari 18 anak dengan 13 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Tindakan berupa pembelajaran kemampuan operasi bilangan khususnya penambahan dan pengurangan dengan menggunakan media kartu angka yang disertai gambar. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi (checklist) dan portofolio. Teknik analisis data penelitian menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada peningkatan kemampuan penambahan dan pengurangan yang signifikan. Hal ini dibuktikan dari prosentase yang diperoleh pada kedua indikator yaitu penambahan dan pengurangan. Pada indikator penambahan hasil yang diperoleh dari teknik observasi saat pretest adalah 43,88%, pada siklus I 86,38%, pada siklus II 93,05% sedangkan dengan teknik portofolio saat pretest adalah 46,38%, pada siklus I 86,66%, pada siklus II 90,55%. Pada indikator pengurangan hasil yang diperoleh dari teknik observasi saat pretest adalah 41,66%, pada siklus I 86,66%, pada siklus II 92,77%, sedangkan dengan teknik portofolio saat pretest adalah 41,94%, pada siklus I 85,55%, pada siklus II 90,55%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media kartu angka mempunyai pengaruh besar terhadap peningkatan kemampuan anak dalam operasi bilangan khususnya penambahan dan pengurangan. Maka disarankan penggunaan media kartu angka dapat dikembangkan di TK lainnya agar dapat meningkatkan kemampuan anak dalam operasi bilangan khususnya penambahan dan pengurangan. Kata kunci: kemampuan penambahan dan pengurangan, kartu angka

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 18 Sep 2012 14:27
Last Modified: 29 Jan 2019 16:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5883

Actions (login required)

View Item View Item