PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU SAKU DASARDASAR SENI LUKIS UNTUK SISWA KELAS IX SMP BINAJAYA BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA

Abrori, Subhan (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU SAKU DASARDASAR SENI LUKIS UNTUK SISWA KELAS IX SMP BINAJAYA BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img] Text
TAS SUBHAN ABRORI.PDF
Restricted to Repository staff only until 27 August 2019.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran seni rupa untuk kelas IX SMP, yaitu mengembangkan materi seni lukis ke dalam buku pembelajaran berbentuk buku saku serta menguji tingkat kelayakan media pembelajaran buku saku seni lukis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and development) model 4D (Define ,Design, Development,Dissemination). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Bina Jaya Banguntapan tahun ajaran 2017/2018 dengan pengambilan subjek uji sebanyak 15 orang siswa dengan menggunkan instrumen pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dokumentasi, observasi, diskusi dan konsultasi. Hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis isi dan analisis deksriptif. Media pembelajaran ini memenuhi kriteria layak oleh rata rata skor kelayakan ahli materi 80,305 ahli media memperoleh 65, 553, uji coba siswa mendapat skor 73,306. Oleh karena itu dapat ditarik kesimpulan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan untuk pembelajaran seni rupa kelas IX SMP Bina Jaya Banguntapan.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Arsianti Latifah, S.Pd., M.Sn. (Dosen Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran, buku saku, seni lukis
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Rupa
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Rupa FBS
Date Deposited: 29 Aug 2018 08:34
Last Modified: 30 Jan 2019 16:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58820

Actions (login required)

View Item View Item