HUBUNGAN ANTARA KEBIASAAN SARAPAN DENGAN TINGKAT KESEGARAN JASMANI SISWA KELAS IV DAN V DI SD NEGERI 1 PARANGRITIS KECAMATAN KRETEK KABUPATEN BANTUL

Christianta, Jati (2018) HUBUNGAN ANTARA KEBIASAAN SARAPAN DENGAN TINGKAT KESEGARAN JASMANI SISWA KELAS IV DAN V DI SD NEGERI 1 PARANGRITIS KECAMATAN KRETEK KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Jati Christianta 14604221051.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kebiasaan sarapan dengan tingkat kesegaran jasmani siswa kelas IV dan V di SD Negeri 1 Parangtritis Kecamatan Kretek Kabupaten Bantul. Jenis penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Metode yang digunakan adalah survei dan Tes Kesegaran Jasmani Indonesia (TKJI). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV dan V di SD Negeri 1 Parangtritis Kecamatan Kretek Kabupaten Bantul yang berjumlah 70 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan purposive sampling, dengan kriteria (1) bersedia menjadi sampel, (2) tidak dalam keadaan sakit, (3) berusia 10-12 tahun. Berdasarkan kriteria tersebut yang memenuhi berjumlah 65 siswa, dengan rincian 29 siswa laki-laki dan 36 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan adalah angket untuk mengukur kebiasaan sarapan dan tes kesegaran jasmani untuk mengetahui kesegaran jasmani siswa dengan menggunakan TKJI untuk anak usia 10-12 tahun. Analisis data menggunakan uji korelasi product moment. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara kebiasaan sarapan dengan tingkat kesegaran jasmani siswa kelas IV dan V di SD Negeri 1 Parangtritis Kecamatan Kretek Kabupaten Bantul dengan discount factor (df) 66 (3,846 > 1,996) pada tingkat signifikansi 5%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kebiasaan sarapan, tingkat kesegaran jasmani, siswa kelas IV dan V
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 24 Aug 2018 03:07
Last Modified: 30 Jan 2019 16:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58809

Actions (login required)

View Item View Item