PENGARUH LATIHAN BEBAN DENGAN METODE DROP SET TERHADAP PENINGKATAN MASSA OTOT PADA MEMBERS DI PHYSICAL FITNESS YOGYAKARTA

Tiandri, Wahyu Bagus (2018) PENGARUH LATIHAN BEBAN DENGAN METODE DROP SET TERHADAP PENINGKATAN MASSA OTOT PADA MEMBERS DI PHYSICAL FITNESS YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
skripsiku - Full Version.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Salah satu metode untuk peningkatan massa otot yang jarang terdengar diberbagai fitness center yaitu metode drop set. Banyak orang yang belum mengetahui tentang metode latihan beban terutama metode drop set yang diindikasikan untuk peningkatan massa otot karena kurangnya pengetahuan tentang latihan beban dan belum bisa menentukan metode latihan yang tepat sesuai dengan tujuan latihan peningkatan massa otot. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode drop set terhadap peningkatan massa otot pada members di Physical Fitness Yogyakarta. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah The One Group Prestest Posttest Design yaitu eksperimen yang dilaksanakan pada satu kelompok saja tanpa kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan adalah untuk mengukur volume otot dengan menggunakan alat pita pengukur (meteran), persentase lemak menggunakan omron, dan indeks massa tubuh menggunakan tinggi badan dan berat badan. Populasi dalam penelitian ini yaitu members di Physical Fitness Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling, yaitu members yang memilih program peningkatan massa otot yang berjumlah 11 orang. Teknik analisis data menggunakan uji t (paired sample t test). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh hasil analisisis uji t (paired sampel t test) diketahui nilai-nilai t hitung > t tabel, dan nilai p (0,000) < dari 0,05. Hasil tersebut diartikan bahwa ada pengaruh yang signifikan latihan beban dengan metode drop set terhadap peningkatan massa otot pada members di Physical Fitness Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: latihan beban, metode drop set, peningkatan massa otot
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 24 Aug 2018 02:17
Last Modified: 30 Jan 2019 16:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58796

Actions (login required)

View Item View Item