EFEKTIVITAS BODY WEIGHT TRAINING MENGGUNAKAN RESISTANCE BAND DAN TANPA RESISTANCE BAND TERHADAP PENURUNAN BERAT BADAN DAN PERSENTASE LEMAK BADAN PADA MEMBER PERIGON FITNESS STUDIO YOGYAKARTA

Lestari, Asti (2018) EFEKTIVITAS BODY WEIGHT TRAINING MENGGUNAKAN RESISTANCE BAND DAN TANPA RESISTANCE BAND TERHADAP PENURUNAN BERAT BADAN DAN PERSENTASE LEMAK BADAN PADA MEMBER PERIGON FITNESS STUDIO YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Asti Lestari_14603144013.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Body weight training menggunakan resitance band dan tanpa resistance band dapat mempengaruhi penurunan berat badan dan persentase lemak badan pada member perigon fitness studio Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh body weight training menggunakan resistance band dan tanpa resistance band terhadap penurunan berat badan dan persentase lemak badan. Penelitian ini adalah pre-experimen dengan desain penelitian yang digunakan yaitu pretest dan posttest. Pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan cara purposive sampling, dengan member wanita berjumlah 20 orang,berjenis kelamin perempuan. Pembagian kelompok dalam penelitian ini yaitu kelompok I body weight training menggunakan resistance band dan kelompok II tanpa resistance band. Instrument yang digunakan untuk mengukur berat badan yaitu timbangan omron dengan satuan kilogram, untuk mengukur tinggi badan dengan menggunakan stadium meter dengan atuan centimeter, dan untuk mengukur persentase lemak badan menggunkan skinfold calipter. Teknik analisis data menggunakan paired t test dan independent t test untuk mengetahui ada pengaruh dan ada perbedaan terhadap sampel penelitian. Untuk keakuratan analisis data menggunakan 95%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh yang signifikan body weight training menggunakan resistance band terhadap penueunan berat badan dan persentase lemak dengan nilai signifikasi (p<0,05), (2) Ada pengaruh body weight training tanpa resistance band terhadap penurunan berat badan persentase lemak badan dengan nilai signifikasi (p<0,05). Hal ini juga juga dibuktikan bahwa body weight training menggunkan resistance band lebih efektif dari pada tanpa resistance band terhadap penurunan berat badan dan persentase lemak badan pada sampel penelitian.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: body weight training, resistance band, berat badan, dan persentase lemak badan.
Subjects: Olahraga
Olahraga > Other
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kesehatan dan Rekreasi > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 23 Aug 2018 06:30
Last Modified: 30 Jan 2019 16:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58665

Actions (login required)

View Item View Item