UPAYA MENINGKATKAN KESIAPAN MEMBACAMELALUI KARTU GAMBAR PADA ANAK KELOMPOK B DI TK ABA JOMEGATAN KASIHAN BANTUL

Murjilah, Murjilah (2012) UPAYA MENINGKATKAN KESIAPAN MEMBACAMELALUI KARTU GAMBAR PADA ANAK KELOMPOK B DI TK ABA JOMEGATAN KASIHAN BANTUL. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
Murjilah.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kesiapan membaca melalui kartu gambar pada anak kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal Jomegatan Kasihan Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif dan partisipatif. Subjek penelitian ini adalah semua anak kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal Jomegatan Bantul, yang berjumlah 20 anak, yang terdiri dari 10 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan instrumen pokok, yakni panduan observasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kartu gambar dapat meningkatkan kemampuan kesiapan membaca pada anak kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal Jomegatan Kasihan Bantul. Hal ini dibuktikan dengan pembelajaran membaca yang telah dilaksanakan, diketahui bahwa pada kegiatan sebelum tindakan, anak yang memperoleh skor 3 pada unsur keberanian ada 4 anak atau mencapai 20% dari jumlah anak, skor 2 ada 4 anak atau 20%, dan skor 1 ada 12 anak atau mencapai 60%. Pelaksanaan akhir tindakan siklus 1 kemampuan anak dalam kesiapan membaca menggunakan media gambar, ditunjukkan oleh indikator keberanian dan kelancaran membaca yang dicapai anak terjadi peningkatan, yaitu anak yang memperoleh skor 3 pada aspek keberanian ada 9 anak atau mencapai 45%, skor 2 ada 7 anak atau mencapai 35% dan skor 1 ada 4 anak atau mencapai 20%. Aspek kelancaran, anak yang memperoleh skor 3 ada 7 anak atau mencapai 35%, skor 2 ada 9 anak atau mencapai 45% dan skor 1 ada 4 anak atau mencapai 20%. Pada akhir tindakan siklus 2, pada aspek keberanian diketahui anak yang memperoleh skor 3 ada 18 anak atau mencapai 90% dan skor 2 ada 2 anak atau mencapai 10%. Pada aspek kelancaran membaca, anak yang memperoleh skor 3 ada 17 anak atau mencapai 85% dan skor 2 ada 3 anak atau mencapai 15%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 18 Sep 2012 14:27
Last Modified: 29 Jan 2019 16:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5860

Actions (login required)

View Item View Item