Pengembangan Instrumen Experiment Performance Assessment dengan Model Pembelajaran Guided Inquiry untuk Menilai Keterampilan Proses Sains dan Kerjasama Dalam Belajar IPA SMP di Kabupaten Gunungkidul

Srirahayu, Raden Roro Yayuk (2018) Pengembangan Instrumen Experiment Performance Assessment dengan Model Pembelajaran Guided Inquiry untuk Menilai Keterampilan Proses Sains dan Kerjasama Dalam Belajar IPA SMP di Kabupaten Gunungkidul. S2 thesis, UNY.

[img] Text
produk-raden-roro-yayuk-srirahayu-12708251070.swf

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
tesis-raden roro yayuk srirahayu-12708251070.pdf

Download (26MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan instrumen experiment performance assessment dengan model pembelajaran guided inquiry dalam belajar IPA di SMP; (2) menguji validitas dan reliabilitas produk instrumen experiment performance assessment untuk menilai keterampilan proses sains dan kerjasama; (3) mengetahui keefektifan produk instrumen experiment performance assessment untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan kerjasama peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah R & D (Research and Development) dengan pendekatan yang diadopsi dari Dick et al yang terbagi menjadi lima tahapan yaitu tahap pendahuluan, tahap perencanaan, tahap pengembangan, tahap uji coba terbatas dan tahap uji coba luas. Produk instrumen experiment performance assessment dilakukan validasi isi secara expert judgment oleh dosen ahli, teman sejawat, dan guru SMP dan validasi secara empiris. Validasi secara empiris dilakukan di 5 SMP di Kabupaten Gunungkidul. Uji coba terbatas melibatkan 32 peserta didik SMP N 2 Playen, sedangkan uji coba luas melibatkan 124 peserta didik dari 4 sekolah, yaitu SMP N 2 Karangmojo, SMP N 1 Playen, SMP N 1 Ponjong, dan SMP N 1 Semanu. Berdasarkan uji coba terbatas dan uji coba luas diperoleh reliabilitas hasil rating instrumen penilaian keterampilan proses sains sebesar 0,707 - 0,989 dengan kategori tinggi dan sangat tinggi, sedangkan reliabilitas skor komposit instrumen penilaian kerjasama diperoleh hasil 0,923 - 0,968 dengan kategori sangat tinggi. Hasil t-test menunjukkan terdapat peningkatan keterampilan proses sains dan kerjasama peserta didik. Hasil penelitian ini adalah: (1) produk instrumen experiment performance assessment untuk pembelajaran IPA SMP materi sifat-sifat cahaya, pembentukan bayangan, dan prinsip kerja alat optik; (2) produk instrumen experiment performance assessment memiliki kategori valid dan reliabel untuk menilai keterampilan proses sains dan kerjasama berdasarkan validasi secara expert judgment dan validasi empiris; (3) instrumen experiment performance assessment efektif untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan kerjasama peserta didik. Peserta didik memberikan respon senang dengan pembelajaran guided inquiry dan experiment performance assessment berdasarkan analisis dari data isian angket respon peserta didik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: experiment performance assessment, guided inquiry, keterampilan proses sains, kerjasama
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 23 Aug 2018 03:17
Last Modified: 14 Sep 2022 04:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58573

Actions (login required)

View Item View Item