Pengaruh Latihan Plyometrics dan Kekuatan terhadap Kemampuan Power Otot Tungkai dan Kelincahan Peserta Ekstrakurikuler Bola Voli Putra

Romadhoni, Wiga Nurlatifa (2018) Pengaruh Latihan Plyometrics dan Kekuatan terhadap Kemampuan Power Otot Tungkai dan Kelincahan Peserta Ekstrakurikuler Bola Voli Putra. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-wiga-nurlatifa-romadhoni-16711251072.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) pengaruh latihan plyometrics repeated tuck jump dan latihan plyometrics standing long jump with hurdle hop terhadap kemampuan power otot tungkai dan kelincahan peserta ekstrakurikuler bola voli putra, (2) pengaruh latihan plyometrics repeated tuck jump dan latihan plyometrics standing long jump with hurdle hop terhadap kemampuan power otot tungkai dan kelincahan peserta ekstrakurikuler bola voli putra yang mempunyai kekuatan tinggi dan rendah, dan (3) interaksi antara latihan plyometrics repeated tuck jump dan latihan plyometrics standing long jump with hurdle hop dan kekuatan (tinggi-rendah) terhadap kemampuan power otot tungkai dan kelincahan peserta ekstrakurikuler bola voli putra. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan faktorial 2 x 2. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 82 peserta ekstrakurikuler bola voli di SMA N 1 Pundong, SMA N 1 Jetis, dan SMA N 3 Bantul. Sampel berjumlah 48 peserta ekstrakurikuler bola voli di SMA N 1 Pundong, SMA N 1 Jetis, dan SMA N 3 Bantul berdasarkan perhitungan ukuran sampel dengan rumus Slovin, sedangkan untuk teknik sampling yang digunakan dengan menggunakan simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan pretest dan posttest. Instrumen dalam penelitian ini adalah Back and Leg Dynamometer, Jump Duration of Fright (DF), dan Hexagonal Obstacle. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Multivariant dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara latihan plyometrics repeated tuck jump dan latihan plyometrics standing long jump with hurdle hop terhadap kemampuan power otot tungkai dan kelincahan peserta ekstrakurikuler bola voli putra, terbukti dengan nilai F = 6.516 terhadap power otot tungkai dan nilai p = 0,002 < 0,05 terhadap kelincahan; (2) terdapat perbedaan pengaruh yang nyata atau signifikan antara peserta ekstrakurikuler bola voli putra yang memiliki kekuatan tinggi dan rendah terhadap power otot tungkai dan kelincahan peserta ekstrakurikuler bola voli putra, terbukti dengan nilai F = 15.594 terhadap power otot tungkai dan nilai p = 0,000 < 0,05 terhadap kelincahan; (3) terdapat interaksi yang nyata atau signifikan antara latihan plyometrics repeated tuck jump dan latihan plyometrics standing long jump with hurdle hop dan kekuatan tinggi dan rendah terhadap kemampuan power otot tungkai dan kelincahan peserta ekstrakurikuler bola voli putra, yang terbukti dari nilai F = 23.157 dan p = 0,003 < 0,05 terhadap power otot tungkai dan yang terbukti dari nilai F = 6.064 dan p = 0,002 < 0,05 terhadap kelincahan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: latihan plyometrics, kekuatan, power otot tungkai, kelincahan
Subjects: Olahraga
Divisions: Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 23 Aug 2018 02:51
Last Modified: 09 May 2019 08:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58572

Actions (login required)

View Item View Item