STUDI TENTANG KOMPETENSI GURU DALAM MENGELOLA PEMBELAJARAN DI SMP TAMAN DEWASA YOGYAKARTA

Hikmah Saptaola Srikandi, 14105244017 (2018) STUDI TENTANG KOMPETENSI GURU DALAM MENGELOLA PEMBELAJARAN DI SMP TAMAN DEWASA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
HIKMAH SAPTAOLA SRIKANDI_14105244017.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kompetensi guru dalam mengelola pembelajaran, serta faktor pendukung dan faktor penghambat mengelola pembelajaran di SMP Taman Dewasa Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru di SMP Taman Dewasa Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan adalah trianggulasi sumber. Hasil penelitian ini adalah kompetensi guru dalam mengelola pembelajaran di SMP Taman Dewasa belum optimal. Hal ini disebabkan karena guru tidak menganalisis kebutuhan peserta didik; kurang memahami perkembangan kognitif, kepribadian, dan pengetahuan awal peserta didik; membuat RPP dan silabi berdasarkan pembelajaran tahun sebelumnya; menerapkan teori belajar dan pembelajaran tertentu walaupun tidak memahami perbedaan antarteori; peka terhadap kondisi dan suasana kelas namun kesulitan untuk mengatasi masalah; hanya memanfaatkan bahan ajar dari sekolah dan MGMP; metode dan strategi pembelajaran yang digunakan berdasarkan aspek kognitif dan afektif saja; serta menggunakan metode tes seperti ujian dan metode non tes melalui pengamatan. Faktor pendukung guru dalam mengelola pembelajaran di sekolah ini adalah media pembelajaran yang sesuai dengan gaya belajar audio dan visual; bahan ajar dirancang dari dua hingga tiga buku yang relevan dengan kurikulum yang digunakan; serta laboratorium IPA yang memadai berisi alat dan bahan praktik yang lengkap. Faktor penghambatnya adalah kesulitan guru dalam mengatasi masalah di dalam kelas, peserta didik yang berjumlah banyak, guru kurang disiplin terhadap waktu pembelajaran, kurangnya dukungan dari orangtua agar peserta didik belajar, dan kurangnya media pembelajaran yang cocok dengan gaya belajar kinestetik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 23 Aug 2018 09:42
Last Modified: 30 Jan 2019 16:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58535

Actions (login required)

View Item View Item