EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN DAN PELATIHAN PENCATATAN DAN PELAPORAN ALAT KONTRASEPSI DI PERWAKILAN BKKBN DIY

Muhammad Itsnan Afifi, 14105241019 (2018) EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN DAN PELATIHAN PENCATATAN DAN PELAPORAN ALAT KONTRASEPSI DI PERWAKILAN BKKBN DIY. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Muhammad Itsnan Afifi_14105241019.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan program pendidikan dan pelatihan pencatatan dan pelaporan alat kontrasepsi di Perwakilan BKKBN DIY, ditinjau dari komponen konteks, masukan, proses, produk. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi deskriptif menggunakan pendekatan kualitatif. Penentuan subjek dilakukan menggunakan “Purposive Sample”. Subjek penelitian ini adalah enam orang alumni peserta pelatihan pencatatan dan pelaporan angkatan 7 dan 8 yang terdiri dari ketua kelas, peserta dengan nilai tertinggi dan terendah disetiap angkatannya, serta satu orang penyelenggara program dan tiga instruktur pelatihan pencatatan dan pelaporan yang merupakan penanggung jawab pelatihan pencatatan dan pelaporan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data menggunakan reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) komponen konteks dinilai baik, ditunjukkan dengan latar belakang dan tujuan program masuk dalam kategori baik; 2) Komponen input dinilai cukup baik ditunjukkan dengan aspek kompetensi instruktur masuk dalam kategori baik; aspek peserta masuk dalam kategori baik; aspek kurikulum program masuk dalam kategori baik; aspek sarana prasarana masuk dalam kategori cukup baik; aspek pendanaan masuk dalam kategori baik. 3) Komponen proses sudah cukup baik dapat dilihat dari aspek kinerja instruktur masuk dalam kategori cukup baik; aspek aktivitas peserta masuk dalam kategori baik; aspek teknik penilaian masuk dalam kategori baik. 4) Komponen produk sudah baik, dapat dilihat dari aspek hasil pelatihan yang masuk dalam kategori baik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 23 Aug 2018 09:42
Last Modified: 30 Jan 2019 16:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58533

Actions (login required)

View Item View Item