LAYANAN PERPUSTAKAAN KELILING DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN DAERAH (ARPUSDA) KABUPATEN TEGAL DALAM MENINGKATKAN BUDAYA GEMAR MEMBACA MASYARAKAT DI KABUPATEN TEGAL

Diah Ismiati, 14105241013 (2018) LAYANAN PERPUSTAKAAN KELILING DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN DAERAH (ARPUSDA) KABUPATEN TEGAL DALAM MENINGKATKAN BUDAYA GEMAR MEMBACA MASYARAKAT DI KABUPATEN TEGAL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Diah Ismiati_14105241013.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Budaya membaca masyarakat Kabupaten Tegal, 2) Peran layanan perpustakaan keliling dalam meningkatkan budaya membaca masyarakat Kabupaten Tegal, 3) Hamabatan dalam melaksanakan layanan perpustakaan keliling guna meningkatkan budaya membaca masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Setting penelitian yakni Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) Kabupaten Tegal yang difokuskan pada layanan perpustakaan keliling. Informan dalam penelitian ini adalah pengunjung layanan perpustakaan keliling dan petugas layanan perpustakaan keliling , kepala Dinas Arpusda Kabupaten Tegal serta pustakawan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik reduksi data, display data. Sedangkan Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Budaya membaca masyarakat Kabupaten Tegal masih rendah, hal tersebut dilihat dari kebiasaan dan hobi membaca yang kurang baik, 2) Peran layanan perpustakaan keliling yang dilakukan oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Tegal belum maksimal dan pelayana perpustakaan keliling belum mendapatkan antusias yang baik dari masyarakat, 3) Hambatan berupa hambatan dalam penyelenggaraan layanan perpustakaan keliling seperti waktu/jam layanan dan jumlah SDM, serta dukungan dari perangkat desa dan pemerintah Daerah Kabupaten Tegal.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 23 Aug 2018 09:41
Last Modified: 30 Jan 2019 16:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58528

Actions (login required)

View Item View Item